fbpx
Kabar Daerah

Gang Mati Berujung Ramai Pengungjung Setelah di Percantik dengan Mural Artisitik

PATI, energibangsa.id – Dinding tinggi kumuh, gang-gang sepi di kawasan Kota Lama Desa Kauman, Kecamatam Juwana seketika berubah menjadi destinasi wisata baru.

Pasalnya gang yang sepi dan kumuh itu yang kerap juga di buat tempat mabuk-mabukan seketika berubah menjadi lebih ceria.

Cat warna-warni membentuk mural artistic di ruang dinding kosong yang semula berwarna kusam.

Sebelumnya memang ada Festival Mural Art Kota Lama Kauman Joeana 2020 yang diikuti sejumlah seniman untuk menggoreskan kuas-nya guna mengisi ruang yang masih kosong.

Melukis di Gang Cinta dan Kawasan Pecinan

Mereka melukis di berbagai tempat sepanjang Gang Cinta dan Kawasan Pecinan. Kegiatan tersebut mengundang masyarakat untuk mengunjungi wisata tersebut.

Gang Mati Berujung Ramai Pengungjung Setelah di Percantik dengan Mural Artisitik

“Bangunan di sini di Kota Lama Juwana ini memang banyak tembok yang tinggi, dan menurut saya langkah yang tepat bagi kepala desa Kauman untuk mewarnai mural di daerah sini” kata Fajar salah satu pengunjung Kota Lama Juwana

Hal yang dilakukan kepala desa tersebut mendapat banyak apresiasi dari masyarakat Juwana. Dengan mural tersebut memberi wajah baru bagi Kota Lama Juwana yang terkenal dengan lusuh sekarang menjadi hidup dan ceria.

“Dulu sebelum di cat dengan mural, gang ini seringkali di gunakan untuk perilaku menyimpang. Misalnya mabuk-mabukan terus banyak sekali yang memalak orang-orang yang lewat gang ini” imbuhnya.

Siapa sangka gang yang dulunya penuh dengan aura negative kini menjadi positif bagi masyarakat setempat.

Keresahan warga akan terjadinya hal yang tidak di inginkan ketika lewat gang tersebut menjadi lebih tenang. Kini gang tersebut menjadi destinasi wisata bagi masyarakat, khususnya warga Juwana. (Kontributor: Bagas Roberto Julianto/ USM)

Related Articles

Back to top button