fbpx
Dunia

Gabung Jepang dan AS, Inggris Kirim Kapal Perangnya ke Asia. Mau ‘Nyerang’ Negara Mana?

SEMARANG, energibangsa.id—Ketegangan di Laut Asia, khususnya Laut China Timur dan Selatan masih akan terjadi. Terbaru, sekutu AS, Inggris, disebut akan segera mengirimkan kelompok regu penyerangnya awal tahun depan.

Dalam rombongan juga akan ikut serta kapal perang terbesar dan terkuat, HMS Queen Elizabeth. Melansir South China Morning Post, Minggu (6/12/2020) berdasarkan sumber di pemerintahan Jepang, kapal perang Inggris akan bergabung dengan negeri itu dan AS di Indo-Pasifik.

Latihan bersama

“Ketiga negara akan melakukan latihan bersama dengan militer AS dan Pasukan Bela Diri Jepang selama tinggal di daerah-daerah termasuk di lepas rantai Kepulauan Nansei di barat daya Jepang,” kata sumber tersebut.

Merupakan hal yang tidak biasa bahwa negara-negara selain di kawasan serta AS mengoperasikan kapal induk di Pasifik barat. Langkah itu dilakukan di tengah kekhawatiran atas meningkatnya ketegangan China di Laut China Timur dan Laut China Selatan serta tentang penanganannya terhadap pengunjuk rasa pro-demokrasi di Hong Kong.

“Selama pengiriman, angkatan laut Inggris juga berencana untuk melakukan perawatan pada jet tempur jenis F-35B berbasis kapal induk di sistem kedirgantaraan Mitsubishi Heavy Industries yang bekerja di Prefektur Aichi, Jepang tengah,” kata sumber tersebut.

IHMS Queen Elizabeth memiliki berat 65.000 ton dan berukuran panjang 280 meter. China sendiri mengklaim sejumlah wilayah di Laut China dan mengirimkan militernya secara intensif untuk menjaga perairan itu.

Sebelumnya, mengutip Reuters, Prancis juga akan menerjunkan angkatan lautnya ke Asia tahun depan. Latihan bersama itu bertujuan untuk melawan China yang mengklaim pulau-pulau yang dikuasai Jepang di Laut China Timur. (*)

Related Articles

Back to top button