fbpx
Nasional

FPI Bikin Nama Baru, Namanya “FPI” Juga?

SEMARANG, energibangsa.id—Pemerintah resmi membubarkan Front Pembela Islam (FPI). Hal itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Menkopolhukam, Rabu (30/12/2020).

Mahfud membeberkan sejumlah alasan terkait pelarangan FPI. Salah satu alasannya adalah FPI melakukan sweeping secara sepihak dan melakukan kegiatan yang melanggar.

“Bertentangan dengan hukum seperti tindak kekerasan sweeping atau razia secara sepihak, provokasi, dan sebagainya,” jelasnya.

“Berdasar peraturan perundang-undangan dan sesuai dengan putusan MK Nomor 82 PUU112013 tertanggal 23 Desember tahun 2014, pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan yang dilakukan”, tegas Mahfud.

“Karena FPI tidak lagi mempunyai legal standing, baik sebagai ormas maupun sebagai organisasi biasa,” ujar Mahfud.

Mahfud, dalam konferensi pers, didampingi sejumlah petinggi lembaga negara. Mereka adalah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Ka-BIN Budi Gunawan.

Hadir mendampingi pula, Menkum HAM Yasonna Laoly, Mendagri Tito Karnavian, Kepala KSP Moeldoko, Menkominfo Johnny G Plate, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, dan Kepala PPATK.

Bentuk FPI dengan nama lain?

Selang beberapa jam pasca pengumuman di tweeter, muncul cuitan nama baru pengganti FPI. Nama itu adalah Front Pejuang Islam, yang apabila disingkat juga tetaplah dibaca: FPI.

Salah satunya adalah twitter @Petamburan_3 merespon sebagai berikut.

“Hari ini, Rabu 30 Desember 2020, FPI (Front Pembela Islam) ditetapkan sebagai Organisasi Terlarang. Semua kegiatan, atribut dan semua yang berhubungan dengan FPI dilarang oleh Negara. Selamat Datang Front Pejuang Islam,” dengan tagar #TetapTegakWalauTanganTerikat.

Tak cukup itu. Dalam perkembangannya, ramai pula petikan berupa poster yang disebut datang dari Rizieq Shihab yang berbunyi, “Secara pribadi kalau FPI dibubarkan tidak ada masalah. Kalau hari ini Front Pembela Islam dibubarkan, maka besok akan saya bikin Front Pecinta Islam”, tulis poster tersebut.

“Dengan singkatan yang sama, pengurus yang sama, gerakan yang sama, dengan wajah yang sama pula, kan UU tidak melarang. Saya tidak pernah pusing dengan pembubaran”, imbuhnya, seperti dikutip dari KompasTV, Rabu (30/12).

Dalam poster juga terdapat wajah Rizieq Shihab bersorban putih dan menggunakan masker putih pula. Di atasnya tertera nama, Al Habib Muhammad Rizieq Syihab. (*)

Related Articles

Back to top button