fbpx
Lewat ke baris perkakas
Film dan HiburanReview

Film The Social Dilemma: Internet Itu Berbahaya?

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Pada era sekarang ini, media sosial telah menjadi platform yang mendominasi, baik untuk hiburan semata hingga menjalin komunikasi dengan orang lain. Berkembangnya teknologi tentunya akan memberikan perkembangan juga terhadap media sosial.

Film dokumenter yang disutradarai Jeff Orlowski berjudul “The Social Dilemma” mengangkat topik ini, dalam film tersebut pihak yang paham mengenai apa yang terjadi di belakang platform-platform media sosial mengungkapkan rasa dilemanya.

Awal cerita

Film yang berjalan selama kurang lebih satu setengah jam diawali Prolog yang berisikan narasumber-narasumber yang memulai proses syutingnya dengan perkenalan diri, lalu mereka mengekspos riwayat kerja mereka sehingga dapat meyakinkan penonton.

Narasumber tersebut mengungkapkan dan menjelaskan informasi secara padat dan to the point. Hal tersebut tentunya butuh extra picky sehingga pesan yang disampaikan memiliki esensi juga statement yang tegas.

Memberitahu efek bermedia sosial

Dalam film tersebut, terungkap bagaimana media sosial memantau aktivitas internet kita, bagaimana perusahaan mengambil keuntungan, hingga isu-isu seperti kesehatan mental, politik, kapitalisme, dan sebagainya.

Tentunya, film ini akan menyadarkan pandangan kita akan konsekuensi dari media sosial. Film ini memiliki narasumber yang terpercaya di bidangnya, mulai dari Tristan Harris (mantan Ethic Designer Google), Jaron Lanier (Penulis Buku Isu Media Sosial, Tim Kendall (mantan Direktur Pinterest), dan lain sebagainya yang memiliki riwayat pekerjaan di media sosial baik Facebook, Instagram, serta Twitter.

Potongan dan alur cerita yang epic

Tak hanya penjelasan yang disampaikan oleh narasumber, film ini memuat footage asli juga rekayasa, ditambah lagi plot-plot fiksi yang dianggap sebagai reka ulang sehingga memberikan sentuhan dramatis dan mempermudah penonton untuk memahami informasi. Salah satunya adalah visualisasi Artificial Intelligence (A.I) yang mengawasi seorang remaja yang aktif menggunakan media sosial. Hal tersebut merupakan visualisasi dari sistem A.I yang nyata, bukan sesuatu yang fiksi.

Tentunya, kita sebagai penonton perlu menyimak dengan seksama, dokumenter ini memang mengeksplorasi dampak negatif dari suatu model bisnis serta algoritma media sosial. Hal tersebutlah yang perlu diperhatikan secara khusus sehingga mampu menyadarkan kita dalam bertindak maupun memperbaiki kesalahan yang ada.

Media sosial diciptakan dengan tujuan yang baik

Narasumber sempat mengungkapkan bahwasanya tidak ada motivasi jahat ketika menciptakan suatu media sosial. Para founder pun mengawali suatu ide dengan kreativitas juga niat yang positif. Namun, system yang berkembang ternyata berkembang dengan cara yang cukup mengerikan dan juga dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk mendapatkan keuntungan.

Penuh dengan pesan moral

Film ini memberikan pesan untuk kita menjadi pengguna yang cerdas, dan film ini ditutup dengan berbagai statement juga pandangan yang optimis dari tiap narasumber. (dhanti/EB)

Related Articles

Back to top button