Film dan Hiburan

Film Kontroversial, “Jagal” dan “Senyap” Tunjukkan Sisi Lain G30S/PKI

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — September menjadi bulan dimana masyarakat Indonesia akan santer membahas tragedi tahun 1965, Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI.

Pemberitaan juga sedang santer membicarakan mengenai pro kontra penayangan film Pengkhianatan G30S/PKI di televisi Indonesia.

Namun, ternyata banyak sekali film yang bertemakan G30S/PKI dengan mengangkat kisah-kisah yang berbeda. Seperti film “Jagal : The Act of Killing” dan “Senyap : The Look of Silence”.

Kedua film tersebut merupakan karya sineas asal Amerika, Joshua Oppenheimer. Berikut ini penjelasannya,

Jagal : The Act of Killing

Film dokumenter ini bercerita dari sudut pandang pelaku pembantaian. Film ini menunjukkan sisi lain dari G30S/PKI.

Film yang telah meraih banyak penghargaan ini mengambil setting pasca peristiwa G30S/PKI. Tentang orang yang dituduh sebagai PKI, ada yang ditertibkan, diamankan, bahkan dibunuh oleh pembunuh suruhan atau disebut ‘Jagal’.

Anwar Congo, seorang preman muda tahun 1960-an menjadi tokoh utama dalam film ini. Pekerjaannya mencatut karcis bioskop di Kota Medan, Sumatera Utara.

Namun, ketika Partai Komunis Indonesia menyerukan adanya boikot perfilman, pekerjaan mereka menjadi terdampak. Sebab ini menimbulkan kebencian mereka pada kaum komunis.

Secara garis besar film ini menceritakan tentang penjagal di Sumatera Utara yang mengeksekusi orang-orang yang diduga terlibat PKI.

Senyap : The Look of Silence

Sekuel film Jagal ini berkisah tentang kehidupan seorang adik dari korban penjagalan oleh orang-orang yang mengklaim dirinya sebagai anti-komunis.

Dalam film, Adi sebagai pemeran mengetuk satu persatu pintu para penjagal. Ditunjukkan pula wawancara sang sutradara bersama para penjagal yang mengklaim dirinya sebagai pahlawan, menjelaskan bagaimana mereka membunuh korban dengan bangga.

Film dengan durasi 98 menit ini memang berfokus menceritakan dari sudut pandang keluarga korban di peristiwa tahun 1965.

Nah, itu tadi dua film yang cukup kontroversial tapi wajib banget ditonton! Jika ingin menontonnya kamu bisa langsung cari di Youtube. Film ini sedikit banyak memberikan gambaran lain mengenai peristiwa G30S/PKI tahun 1965.

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button