fbpx
Kabar Daerah

Fiks! Gibran feat Teguh Resmi Jadi Wali Kota-Wakil Wali Kota Solo, Selamat ya Mas?

SOLO, energibangsa.id—Ketua KPU Solo Nurul Sutarti dalam rapat pleno terbuka yang digelar hari ini, Kamis (21/1/2021) akhirnya menetapkan pasangan Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Pasangan calon yang diusung oleh PDIP beserta partai pendukung lainnya itu dinyatakan menang dalam Pilkada Solo dengan perolehan 86,54 persen suara.

“Menetapkan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta dalam Pemilihan Wali Kota Surakarta 2020 nomor urut 1 dengan perolehan 225.451 suara atau 86,54 persen dari total suara sah sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih,” kata Nurul, Kamis (21/1/2021).

Berita acara dan Surat Keputusan ditandatangani oleh Ketua KPU Solo, Ketua Bawaslu Solo, Ketua DPRD Solo, perwakilan PDIP selaku partai pengusung dan Wali Kota Solo terpilihGibran Rakabuming.

FX Hadi Rudyatmo tak hadir

Sementara Wali Kota Solo sekaligus Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang rencananya mengisi sambutan dalam tidak dapat hadir.

Kabarnya, Wali Kota Solo yang saat ini telah berakhir masa jabatannya itu sedang mengurus kedatangan korban gempa Sulawesi Barat yang mengungsi di Solo Technopark.

Nurul Sutarti menjelaskan rapat pleno diselenggarakan setelah memastikan KPU mendapatkan Buku Register Perkara Konstitusi (BPRK) dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Setelah penetapan wali kota terpilih, KPU Solo akan mengajukan kepada DPRD Solo untuk tahapan pelantikan.

“Baru kemarin malam kita dapat BPRK, sehingga hari ini kita lakukan penetapan. Setelah ini kita ajukan kepada DPRD Solo terkait pelantikan wali kota dan wakil wali kota. Nanti DPRD akan mengajukan kepada Mendagri melalui Gubernur Jawa Tengah,” ujarnya. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button