Kabar Indonesia

Festival Pesona Bunaken, Ajang Pendongkrak Jumlah Wisatawan

ENERGIBANGSA.ID – Tahun ini menjadi tahun festival budaya terbesar di Indonesia. Tak hanya Yogyakarta, Toraja, dan Dieng, Bunaken pun turut ambil bagian dalam festival budaya bertajuk “Festival Pesona Bunaken”.

[Baca juga : Toraja International Festival 2019, Berbaurnya Budaya Lokal dan Internasional]

Sedianya festival ini dihelat mulai Rabu, 17 Juli hingga Sabtu, 20 Juli 2019 mendatang. Selain turut melestarikan khazanah budaya, diharapkan melalui festival ini dapat mendongkrak jumlah wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Sulawesi Utara.

Bunaken selalu menghadirkan ragam panorama yang menyejukkan mata dan pikiran bagi para pengunjung. Setiap sudut selalu memiliki daya magis untuk dapat dinikmati.

Tercatat oleh Tim Energi Bangsa, sektor pariwisata di Sulawesi Utara ini terus mengalami pertumbuhan hingga enam kali lipat dalam empat tahun terakhir.

Pada tahun 2015, tercatat jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi ini adalah sebanyak 20.000 orang, kemudian meningkat menjadi 40.000 orang pada tahun 2016.

Jumlah tersebut terus bertumbuh pada tahun 2017 menjadi 80.000 orang dan 120.000 orang pada tahun 2018.

Tak ayal, Bunaken menjadi salah satu destinasi pilihan yang terdapat dalam “100 Wonderful of Event 2019” oleh Kementerian Pariwisata.

[Baca juga : Film Bali: Beats Of Paradise Karya Sineas Indonesia Dapat Apresiasi Perusahaan Internasional]

“Ini merupakan festival yang keren untuk dinikmati. Eksistensinya selalu diperkuat, selalu di-upgrade setiap tahunnya. Maka tak salah jika Festival Pesona Bunaken selalu menjadi langganan masuk dalam 100 CoE Kemenpar,” kata Don Kardono, Ketua Tim Kurator Calendar of Event (CoE) dikutip dari Antara.

Beberapa agenda menarik bisa Sobat Energi dapatkan ketika mengunjungi festival ini. Diantaranya terdapat food festival, pertunjukan musik, dan kompetisi memancing.

Taman laut Bunaken dengan keindahan terumbu karang yang patut dikunjungi (Foto: Explore Manado)

Terkenal dengan wisata bahari yang dimiliki, maka agenda lain pun berkaitan dengan wahana air. Diantaranya seperti underwater photography, thriatlon, liveboard Bunaken sail trip, dan coastal cleanup atau bersih-bersih pantai dan bawah laut.

Pada hari terakhir penyelenggaraan, Festival Pesona Bunaken akan ditutup dengan pengumuman pemenang kompetisi disertai dengan penyerahan hadiah, karnaval budaya, dan pertunjukan musik.

Mendapat gelar “The Rising Destination of The Year 2019”, Menteri Pariwisata Arief Yahya yakin bahwa potensi kunjungan wisata di Sulawesi Utara dapat semakin meningkat.

Yuk ke Bunaken!

Related Articles

Back to top button