Kabar Indonesia

Fakultas Kesehatan Udinus Sabet Penghargaan dari Asosiasi Kesehatan AHLA

ENERGIBANGSA.ID – Siapa yang tidak mengenal Udinus? Mungkin sebagian orang masih terdengar asing dengan salah satu universitas swasta yang terletak di Semarang ini padahal namanya cukup terkenal.

Universitas Dian Nuswantoro atau Udinus merupakan perguruan tinggi swasta unggulan di Semarang yang selalu memberikan kualitas dan fasilitas yang memadai bagi para mahasiswanya. Salah satunya menyediakan berbagai pilihan fakultas yang tentunya memiliki akreditasi A dan berbasis teknologi kewirausahaan tidak kalah saing dengan universitas lainnya. Sehingga tidak jarang banyak karya dan prestasi yang ditorehkan membuat bangga dan menjadikan motivasi bagi kampus lain.

Salah satu fakultas favorit yang ada di Udinus yakni fakultas kesehatan atau Fkes berhasil membawa nama baik kampus maupun Indonesia karena berhasil memperoleh penghargaan dari AHLA Yufong International Health Literacy Award dalam ajang 7th International Health Literacy Conference yang diadakan pada tanggal 10 sampai 12 November 2019 di Ho Chi Minch, Vietnam yang sering dilakukan secara rutin setiap tahun dan terdapat konferensi saling berbagi mengenai literasi kesehatan dihadiri beberapa negara di seluruh dunia.

Perlu Sobat Energi ketahui bahwa Fkes Udinus adalah intitusi pertama dari Indonesia yang satu-satunya menjadi anggota AHLA. Dan yang menjadi unik dari pencapaian prestasi ini karena ada peneliti muda Udinus yang penelitiannya sangat menarik sampai terpublikasikan tentang pengembangan versi pendek kuesioner literasi kesehatan dan lain sebagainya.

“Selain bangga menjadi institusi pertama yang menjadi member AHLA, penghragaan ini merupakan sebuah kepercayaan yang perlu dijaga, Udinus selalu melakukan riset tentang literasi kesehatan di Indonesia baik untuk dosen maupun mahasiswa”. Ungkap Enny Rachmani selaku Dosen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fkes Udinus.

Riset mengenai literasi kesehatan sangat penting, karena dapat memperoleh dan memahami tentang kesehatan mungkin saja tentang layanan-layanan apa saja yang harus diperlukan, perlu menambahi atau diperbaiki sehingga dapat membantu ketika akan membuat keputusan kesehatan yang baik dan tepat sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dan manfaat bagi masyarakat

Dilansir dari dinus.ac.id Dr Guruh Fajar Shindik, S.Kom, M.Cs selaku dekan Fkes mengatakan bahwa ini merupakan bukti nyata sebuah pencapaian fakultas yang mampu berpreastasi berkolaborasi internasional dan tidak kalah unggul dengan universitas lain yang ada di Indonesia. Guruh berharap Fkes Udinus dapat terus konsisten dan terdepan bidang riset dan proyek mengenai literasi kesehatan.

Related Articles

Back to top button