fbpx
Dunia

Fakta Unik Kamala Harris, Sempat Calonkan Diri Jadi Presiden Hingga Pecinta Sneakers

ENERGIBANGSA.ID — Pemilihan Presiden Amerika menjadi hal yang dinantikan masyarakat dunia. Setelah pertarungan sengit, kini Gedung Putih diduduki presiden baru, Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris.

Kemenangan Joe Biden atas Donald Trump pada Pemilu AS 2020 ini mencetak sejarah baru. Sebab, Wakil Presiden Kamala Harris, disebut sebagai wanita kulit hitam pertama yang menjadi wapres di AS.

Berikut ini Energi Bangsa merangkum beberapa fakta unik Kamala Harris yang menginspirasi.

1. Mencalonkan diri jadi Presiden

Pada 21 Januari 2019, Kamala Harris sempat mencalonkan diri menjadi Presiden. Namun, ia mendapat banyak kritik dari warganet tentang karakter dan politik identitas.

Kemudian ia mengundurkan diri dari bursa pencalonan Presiden, dan Agustus lalu, Joe Biden memintanya untuk maju Pilpres AS 2020 sebagai wakil presiden.

2. Karir jaksa yang sempat tak direstui orangtua

Pengalamannya saat kecil pernah melihat temannya menjadi korban kekerasan seksual, Kamala ingin menjadi seorang jaksa. Tahun 1990, ia memulai karirnya sebagai jaksa penuntut di Oakland. Pekerjaannya berfokus pada penanganan kasus kekerasan seksual.

Namun, pada awalnya keluarga Kamala menentang keinginannya menjadi seorang jaksa karena stereotip masyarakat mengenai jaksa yang kurang baik.

3. Vokal tolak hukum mati

Saat menjadi jaksa, Kamala gencar menolak hukuman mati bagi terpidana kasus pembunuhan. Menurutnya, hal itu bertentangan dengan hak asasi manusia.

4. Kembangkan program untuk kasus pelecehan dan eksploitasi anak

Kamala mendirikan Koalisi Pemberantasan Ekspoitasi Anak dan mendorong diperkuatnya undang-undang eksploitasi seksual pada anak di bawah umur. Ia juga mengembangkan program rumah aman di San Fransisco untuk anak korban komersialisasi seks.

5. Menerbitkan tiga buku

Tak hanya aktif di bidang politik, Kamala juga memiliki tiga buku yang diterbitkan. Masing-masing berjudul ‘The Truths We Hold: American Journey’, ‘Smart on Crime’, dan buku untuk anak-anak ‘Superheroes Are Everywhere’.

6. Sneakers addict

Diketahui ternyata Kamala Harris adalah pecinta sneakers. Bahkan sneakers menjadi andalannya saat berkampanye bersama Joe Biden. Dalam beberapa kampanye, ia nampak mengenakan sneakers Chuck Taylor yang merupakan seri klasik dari Converse.

Itu dia beberapa fakta unik dari Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris. Keren banget ya Sobat Energi! (Annisaa/EB)

Related Articles

Back to top button