fbpx
Kesehatan

Fakta Susu Pasteurisasi VS Susu Segar

ENERGIBANGSA.ID – Sobar energi pasti sudah mengetahui susu pada umumnya sebagai sumber energi dapat di konsumsi manusia yang merupakan salah satu sumber daya alam hayati hewani.

Manfaat susu yang baik untuk pertumbuhan ini bagi sebagian orang mungkin tidak bisa dikonsumsi karena alergi atau terdapat pantangan lain. Selain itu, sebagian masyarakat pasti juga tidak begitu memperhatikan lebih dalam tentang manfaat susu yang luar biasa.

Susu sekarang ini sudah menjadi salah satu bahan baku untuk olahan minuman atau makanan. Susu memiliki beberapa jenis yaitu susu bubuk atau susu kental manis. Sobat energi perlu tahu jika terdapat jenis susu murni dan susu pasteurisasi yang mulai banyak diminati, tetapi manakah yang lebih baik?

Mengulas dari aladokter.com tentang susu Tim energibangsa.id akan memberikan fakta-fakta menarik perihal perbedaan susu murni dan susu pasteurisasi seperti di bawah ini.

Susu pasteurisasi sering kali dianggap kurang baik dibanding susu mentah atau segar. Jika ditinjau secara medis, mengonsumsi susu mentah justru membuat seseorang lebih berisiko terinfeksi kuman berbahaya, dibandingkan mengonsumsi susu pasteurisasi.

Terdapat fakta unik yang dapat pengetahuan kita lebih luas tentang susu. Susu pasteurisasi adalah susu yang sudah diolah dan mengalami pemanasan hingga sekitar 30 derajat celcius. Proses pasteurisasi sendiri akan mematikan bakteri-bakteri tidak sehat namun tetap menjaga susunya dalam tekstur asli dan tahan lama.

Susu pasteurisasi sendiri ternyata tidak akan memicu alergi laktosa, namun bagi mereka yang memang sudah aleri dengan alergi susu, maka baik susu murni maupun susu pasteurisasi akan tetap mampu menyebabkan alergi.

Mitos yang beredar dimasyarakat tentang kandungan vitamin susu pasteurisasi labih rendah dari susu murni ternyata tidak benar. Aladokter menyebutkan, setelah proses pasteurisasi kandungan nutrisi di dalam susu masih tetap sama dengan susu segar.

Penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan antara kadar asam lemak pada susu segar dengan susu pasteurisasi. Asam lemak yang memiliki aneka manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk sebagai cadangan energi, tetap bisa didapatkan pada susu pasteurisasi.

Secara garis besar, mengonsumsi susu yang telah dipasteurisasi lebih dianjurkan dibanding susu mentah atau segar. Alasan utamanya adalah karena proses pasteurisasi terbukti efektif dalam membunuh kuman penyebab penyakit.

Menyadari khasiat susu murni ataupun susu pateurisasi keduanya masih memiliki kandungan yang sama. Jadi sobat energi tidak ada alasan untuk tidak suka atau tidak meminum susu dan tidak perlu membandingkan dan bingung memilih mana yang lebih baik.

Related Articles

Back to top button