fbpx
Pendidikan

Fakta-fakta ‘Black Boxes’ atau Kotak Hitam Pesawat!

ENERGIBANGSA.ID – Dalam dunia penerbangan, sebuah pesawat pasti memiliki alat perekam penerbangan atau sering kita sebut dengan kotak hitam atau black boxes.

Perekam penerbangan adalah alat perekam elektronik yang ditempatkan di dalam pesawat terbang dengan tujuan untuk memfasilitasi penyelidikan kecelakaan dan insiden penerbangan.

Walau bernama kotak hitam, tetapi sebenarnya black boxes berwarna oranye terang. Hal ini bertujuan agar memudahkan pencariannya setelah pesawat mengalami kecelakaan.

2 kemungkinan

Ada dua kemungkinan asal mula istilah kotak hitam, yaitu beberapa percaya itu karena perekam awal dicat hitam, sementara yang lain berpikir itu mengacu pada pembakaran yang terjadi pada kebakaran pasca-kecelakaan.

Alat perekam ini dapat mengungkapkan rincian peristiwa sebelum kecelakaan itu terjadi.

Pada artikel ini, kita akan melihat dua jenis kotak hitam. Bagaimana kotak hitam tersebut bertahan dari kerusakan, dan bagaimana kotak hitam diambil dan dianalisis.

Black boxes

Walau namanya kotak hitam, tetapi sebenarnya black boxes berwarna oranye terang. Hal ini bertujuan agar memudahkan tim pencarian saat melakukan evakuasi ketika pesawat mengalami kecelakaan.

Ada dua perangkat perekam penerbangan yang berbeda: (1) perekam data penerbangan (FDR) menyimpan riwayat penerbangan baru-baru ini melalui perekaman lusinan parameter yang dikumpulkan beberapa kali per detik.

(2) perekam suara kokpit (CVR) menyimpan riwayat suara di kokpit, termasuk percakapan pilot.

Kedua perangkat tersebut dapat digabungkan menjadi satu kesatuan. FDR dan CVR secara obyektif mendokumentasikan riwayat penerbangan pesawat, yang dapat membantu penyelidikan selanjutnya.

Kedua perekam penerbangan diharuskan oleh peraturan internasional. Itu juga diawasi oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, agar mampu bertahan dalam kondisi yang mungkin ditemui dalam kecelakaan pesawat yang parah.

Fakta-fakta Black Boxes

Melansir dari berbagai sumber yang ada, berikut beberapa fakta yang dimiliki oleh mesin kotak hitam atau black boxes :

1.Fungsi untuk merekam data penerbangan dan suara dari kokpit, sehingga dapat memeriksa pasti penyebab dari kecelakakan tersebut.

2.Dengan berat 4,5 kg black boxes dapat menahan bantingan dari ketinggian dan bertahan di kedalaman 13.000 kaki atau sekitar 6.000 meter.

3.Black boxes dirancang dapat bertahan pada suhu lebih dari 1.000 ° C (1.830 ° F) hingga 30 menit, seperti yang disyaratkan oleh EUROCAE ED-112.

4.Black boxes biasanya diletakan dibagian yang tidak mudah rusak seperti di bagian tengah atau dekat roda pesawat. Terkadang juga ditempatkan di langit-langit dapur pesawat. Ada pula yang ditempatkan di ruang kargo belakang atau di kerucut ekor yang menutupi bagian belakang pesawat.

5.Jika terendam sinyal darurat berwarna pink, biasanya bisa bertahan selama 30 hari, tergantung pada kapasitas baterai saat itu.

6.Untuk mendeteksi black boxes di dalam air, tim pencari menggunakan bantuan Mikrofon dan Detektor Sonar.

7.Analisis atau pemeriksaan black boxes dilakukan oleh Komite Keselamatan Nasional Transportasi (KNKT)

8.Hasil pemeriksaan kurang lebih diumumkan dalam 3 bulan. (ara/ EB)

Related Articles

Back to top button