KesehatanRagam Bangsa

Fakta dan Mitos Masturbasi

ENERGIBANGSA.ID – berbincang mengenai “sex” di Indonesia sepertinya masih menjadi hal yang tabu. Masyarakat cenderung masih membatasi perbincangan tentang sex.

Masturbasi masih menjadi sebuah hal tabu untuk diungkap di Indonesia. Namun apakah sobat tahu bahwa masturbasi memiliki banyak manfaat, bahkan masturbasi kerap kali diklaim baik untuk kesehatan karena bisa meredakan stress.

Masturbasi sendiri merupakan kegiatan menyetubuhi diri sendiri untuk hasrat seksual. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan memberikan rangsangan dengan cara menyentuh area sensitif atau organ reproduksi.

Sebuah penelitian yang dirangkum dari plannedparenthood.org mengungkap bahwa masturbasi memiliki berbagai dampak positif bagi kesehatan. Masturbasi ternyata mampu mengurangi tingkat stress, meredakan sakit kepala, membantu memperbaiki mood serta mampu mengurangi rasa nyeri. Tentunya hasil ini tidak sama untuk semua orang, tergantung bagaimana pola hidup setiap individu.

Meski masturbasi adalah hal yang wajar dilakukan semua orang dan memiliki dampak positif, namun perlu diingat ini adalah preferensi pribadi masing-masing. Jika masturbasi bertentangan degan nilai yang diyakini seorang individu akan lebih baik tidak dilakukan. Hal ini dapat meminimalisir perasaan bersalah yang timbul ketika melakukan masturbasi.

Pengetahuan mengenai masturbasi ini penting bagi masyarakat umum, namun banyak dari mereka tidak aware dan mengganggap hal ini hal yang tidak pantas. Data dari The Journal of The American Medical Association tahun 2006 menyebutkan bahwa 48,2 persen perempuan pernah melakukan masturbasi dan 73,8 persen laki-laki pernah melakukan masturbasi. Data tersebut menunjukan bahwa pentingnya edukasi sex dilakukan.

Masturbasi sendiri mampu meningkatkan tingkat konsentrasi. Mengapa hal itu bisa terjadi ? pada saat melakukan masturbasi hormon endrofin dan oksitosin dikeluarkan, hal ini dapat membantu sesorang menjadi rileks dan mengurangi rasa cemas.
Banyak mitos berkeliaran mengenai masturbasi ini, salah satunya adalah meningkatkan ukuran penis. Hal ini tidak benar karena tidak ada hubungannya dengan masturbasi. Ukuran hanya berpengaruh besar pada faktor genetik.

Mitos yang tak kalah ramai adalah mampu mengurangi jumlah sperma. Hal ini juga tidak benar, memang pada saat ejakulasi, jumlah sperma yang dikeluarkan akan sedikit menurun, tapi bukan berarti akan mengurangi produksi jumlah sperma. Setiap hari testis memproduksi sperma, jadi masturbasi yang dilakukan secara wajar tidak akan mempengaruhi jumlah sperma.

Ingat ya sobat energi sex bukan lah sesuatu yang harus kita hindari, namun harus kita pelajari. Ini bukan sesuatu yang tabu untuk diperbincangkan. Stay positif !!!

Related Articles

Back to top button