Ragam BangsaTeknologi

FaceApp Aplikasi Edit Wajah Manula yang Rawan Pencurian Data, Benarkah?

ENERGIBANGSA.ID – Sobat Energi, apakah teman-teman kalian tiba-tiba menjadi “manula” di media sosial pada beberapa hari terakhir ini? Wajah mereka yang semula tampak kencang dan segar tiba-tiba muncul kerutan di dahi, pipi, dan rambut mereka pun beruban.

Jika ya, tidak perlu khawatir kalau itu bentuk invasi dari alien atau konspirasi antek-antek asing. Itu adalah perbuatan dari FaceApp, aplikasi edit foto asal negara Presiden Putin, Rusia.

Aksi menjadi tua ini merupakan salah satu tren yang sedang digandrungi oleh banyak orang. Dinamakan dengan #AgeChallenge, orang beramai-ramai mengedit foto mereka menjadi tampak lebih tua lalu mengunggahnya ke media sosial.

Penyanyi Afgan ikut berpartisipasi dalam #AgeChallenge

Tak hanya menyajikan editan foto menjadi tua, aplikasi yang dirilis pada 15 Januari 2017 ini juga bisa mengedit wajah seseorang menjadi lebih putih, lebih muda, bahkan menjadi lain gender.

Meski tengah naik daun, beberapa orang melempar isu kecemasan akan keamanan data pribadi yang dimiliki seseorang ketika menggunakan FaceApp. Pasalnya, dalam aplikasi tersebut tertulis pernyataan bahwa “FaceApp, pihak yang berafiliasi, atau penyedia layanan dapat mentransfer informasi personal yang kita dapat tentangmu ke seluruh dunia”.

Menyikapi kecemasan pengguna pada kemungkinan kebocoran data pribadi, CEO FaceApp, Yaroslav Goncharov memberikan tanggapannya.

FaceApp melakukan pengeditannya di cloud server, kita hanya mengunggah foto yang dipilih oleh pengguna. Kita tidak mengirim foto lain dalam galeri ponsel ke server. Foto akan kami hapus dalam server dalam waktu 48 jam setelah diunggah,” dikutip Energi Bangsa dari Tirto.

Melalui pernyataan tersebut, Yaroslav meyakinkan pengguna bahwa tidak akan ada kebocoran data pengguna pada pihak ketiga meskipun mereka meminta akses lokasi pengguna.

Pihaknya mengatakan bahwa tidak ada proses penyimpanan salinan foto atau data pengguna. Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian independen tentang keamanan siber FaceApp. Menurutnya, berdasarkan hasil pelacakan, FaceApp hanyalah aplikasi edit foto biasa, tidak ada proses transfer data pengguna.

Apabila Sobat Energi risau dengan keamanan privasi data, Yaroslav menyarankan agar melakukan penghapusan data. Caranya adalah dengan klik Setting, kemudian mereport-nya dengan klaim bug menggunakan kata “privacy” sebagai subjeknya.

Jadi, apakah Sobat Energi masih takut menggunakan aplikasi ini? Oh ya, coba lihat hasil foto edit manula kalian, dong.

Related Articles

Back to top button