fbpx
Kabar IndonesiaNasional

Erick Thohir : Vaksin tersedia 2021, Gratis Bagi Peserta BPJS

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) – Vaksin COVID-19 diperkirakan akan terwujud pada 2021.

Dalam pelaksanaannya, vaksin tersebut akan diperoleh secara gratis bagi peserta BPJS kesehatan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Kamis (27/8)

“Vaksin bantuan pemerintah di mana melalui budget APBN dan data BPJS Kesehatan, nanti ada istilahnya vaksin gratis secara massal yang diharapkan di awal tahun depan,” ungkap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini.

Erick melanjutkan bahwa vaksin gratis itu tidak untuk peserta BPJS Kesehatan secara keseluruhan namun sebagian yang melakukan vaksin harus mengeluarkan biaya mandiri

Erick Thohir
Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Kamis (27/8) (sumber: antara sumbar)

Melansir dari Viva.co.id, ini disebabkan kemampuan anggaran yang dimiliki oleh negara untuk vaksinasi terbatas.

“Kami juga mengusulkan bila memungkinkan untuk masyarakat juga bisa membayar vaksin mandiri untuk yang mampu. Jadi memang yang terdata di BPJS kesehatan itu gratis tetapi dengan tingkat daya beli berapa itu harus mandiri,” tuturnya.

Terkait kriteria, Erick belum menjelaskan bagaimana masyarakat yang bisa mendapatkan vaksin secara gratis dan bagaimana yang mendapatkan vaksin dengan cara berbayar atau mandiri.

“Kebutuhan APBN yang selama ini kita tahu juga defisit anggaran terus melebar dan kalau dilihat dari data-data ekonominya sendiri pemasukan kepada negara cukup rentan,” kata Erick. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button