erick thohir
Menteri BUMN Erick Thohir saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (2/12/2019). Bisnis - Arief Hermawan P
BusinessEkonomiNews

Erick Thohir: Pembangunan Kawasan Industri di Batang Jauh Lebih Siap

0

ENERGIBANGSA.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjegaskan bahwa pemerintah akan memindahkan pengembangan kawasan industri dari Brebes ke Batang, Jawa Tengah karena masalah pembebasan lahan di Brebes belum selesai.

Menurut Erick pengembangan industri di Brebes masih membutuhkan pembebasan lahan yang membutuhkan waktu yang lama, sementara investor dari Jepang dan Amerika Serikat akan melakukan investasi di Indonesia dalam waktu enam bulan lagi.

“Gak mungkin bebaskan lahan dulu, bangun infrastruktur dulu, baru dua tahun jadi,  itu sudah telat, Ini switch makanya kita harus lebih agresif,” ujar Erick Thohir sebagaimana dikutip idntimes.com.

Rencananya, pengembangan industri di Batang akan menggunakan lahan milik PT Perkebunan Nusantara atau PTPN luasnya 4 ribu hektare (ha). Sudah ada 300 meter berupa rel kereta api dan pelabuhan peninggalan Belanda akan dikonversi menjadi lahan industri.

“Semua akan dikonversikan jadi lahan industri investasi percepatan pemindahan partner dari Jepang dan Amerika Serikat,” ucapnya.

Batang New Industrial Zone

Mohammad Saleh, ST, wakil rakyat dari Dapil Batang, Pemalang, Kabupaten dan Kota Pekalongan, menyambut positif arahan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tersebut.

“Kemarin juga telah berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk menangkap peluang tersebut,” jelas Saleh kepada tim energibangsa.id di kantornya (10/6) kemarin.

“Batang New Industrial Zone ini hal positif, karena bisa membuka belasan ribu lapangan kerja di Batang dan sekitarnya, termasuk juga menghidupkan roda perekonomian masyarakat setempat,” lanjutnya.

Politisi Partai Golkar itu hanya meminta meski pemerintah berpatner dengan investor asing, namun dia meminta jangan mengabaikan pengusaha lokal. 

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Kode KLBI untuk StartUp Industri Digital

Previous article

DMI Kota Semarang dan PRIMA DMI Jateng Salurkan 3 Ton Beras Untuk Marbot Masjid dan Dhuafa

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Business