Kabar IndonesiaNasionalTeknologi

Era Digital, Polri Terbitkan Smart SIM

ENERGIBANGSA.ID – Kepolisian Negara Republik Indonesia baru-baru ini merilis desain Surat Izin Mengemudi atau yang biasa kita kenal sebagai SIM. Dalam upaya realisasi Smart SIM yang akan launching pada bulan September mendatang, kepolisian Negara Republik Indonesia bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (dukcapil) untuk merekam identitas serta data forensik kepolisian. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri memastikan keamanan data dari Smart SIM ini.

Smart SIM ini nantinya juga digunakan sebagai uang elektronik dengan saldo maksimal sebesar 2 juta. Saldo ini bisa dipergunakan untuk membayar e-toll, berbelanja di minimarket serta membayar denda tilang. Berkaitan dengan denda tilang nih sobat energi, nantinya Smart SIM ini juga dapat merekam pelanggaran lalu lintas. Dengan data ini kepolisian bisa melakukan evaluasi pelanggaran sehingga dapat diterapkan sistem reward dan punishment kepada pengemudi.

Ada beberapa bagian yang dihilangkan dari sim lama, yakni tulisan Nama dan Alamat guna lebih ringkas. Selain itu bagian atas Smart SIM bertuliskan INDONESIA barulah dibawahkan berisikan data kepemilikan Smart SIM.

Smart SIM ini didominasi warna putih dan ada sedikit sentuhan merah dibagian atas. Berbeda dengan SIM versi lama yang didominasi warna biru. Dalam Smart SIM nantinya terdapat dua foto. Foto berwarna dibagian sebelah kiri dan satu foto hitam putih berukuran lebihkecil yang tersapat di pojok kanan bawah.

Bagi pemilik SIM lama bisa mendapatkan Smart SIM ini ketika masa berlakunya sudah habis kemudian perpanjang SIM. Sementara yang belum memiliki SIM dan akan segera membuat bisa mendapatkan Smart SIM ini di Samsat.

Gimana nih menurut sobat energi ? praktis dan efisien nggak nih desain dan fitur dari Smart SIM ini ?

*artikel ditulis oleh Siti Nurhayati, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Related Articles

Back to top button