fbpx
Daerah

Era Digital, Pemkab Batang Dorong Kades Bentuk Desa Pintar

ENERGIBANGSA.ID (Batang) – Seluruh kepala desa/kelurahan di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng) didorong  untuk  mewujudkan desa pintar yang masuk dalam rencana strategis jangka menengah daerah.

Program kerja desa pintar ini memiliki tujuan mempermudahkan pelayanan peningkatan administrasi desa melalui elektronik administrasi, elektronik potensi desa, dan memberikan percepatan data yang diminta dengan sistem elektronik dan sistem keuangan desa.

“Kami mendorong semua desa bisa menerapkan desa pintar (smart village) seperti yang sudah dilakukan Desa Kalisalak, Kecamatan Limpung yang mana kades dan perangkatnya memiliki ide kreatif dan inovatif di era digital untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati Batang Wihaji, Senin (31/8).

Saat ini, melansir dari jateng.antaranews.com, sudah sekitar empat desa dari 248 desa/kelurahan yang telah masuk dalam kategori desa pintar di Batang.

“Oleh karena, kami berpesan apabila desa mau membuat aplikasi maka harus efektif, efisien, dan sederhana agar masyarakat mudah dan tidak ribet dalam penggunaannya,” katanya Saat menghadiri peluncuran aplikasi “Si Pintar” Desa Kalisalak, Kecamatan Limpung.

Wihaji mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang mengapresiasi terhadap kades maupun para perangkat desa yang telah melakukan inovasi dan kreatif membuat aplikasi “Si Pintar” untuk mempermudah dan mempercepat layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Konsep desa pintar untuk mengubah kondisi masyarakatnya menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera. Adapun aplikasi ‘Si Pintar’ ini akan diintegrasikan dengan pemkab,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata menargetkan pada 2021 semua desa di daerah itu dapat masuk dalam kategori desa pintar dengan memiliki aplikasi pelayanan elektronik.

“Oleh karena, pada tahun ini kita terus memberikan pelatihan dan ditargetkan pada 2021 semua desa sudah memiliki aplikasi sendiri serta masuk dalam kategori desa pintar,” katanya. (Gilban/EB)

Related Articles

Back to top button