Kita Indonesia

Energi Bangsa, Mencintai Indonesia dari Batik

SEMARANG, energibangsa.id — Batik menjadi salah satu budaya kekayaan Indonesia yang harus terus dilestarikan. Setiap daerah di Indonesia memiliki coraknya masing-masing yang menunjukkan keragaman budaya di Indonesia.

Kebanggaan mengenakan batik sebagai ‘Busananya Orang Indonesia’ perlu ditumbuhkan dalam diri setiap warga negara.

Seperti yang dilakukan oleh karyawan dan mahasiswa magang PT Energi Bangsa Solusindo. Perusahaan startup Semarang yang didominasi oleh anak muda ini mengenakan baju batik saat bekerja.

Bukan hanya untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Jumat, 2 Oktober, tetapi mereka memakai batik setiap hari Jumat.

“Kami memang setiap hari Jumat memakai batik, bukan hanya saat peringatan Hari Batik Nasional saja”, kata Diah Ayu Novitasari, mahasiswa magang di Energi Bangsa.

Salah satu alasan menggunakan batik di kantor adalah sebagai bukti kecintaan dan kebanggan terhadap batik, warisan seni asli Indonesia.

Batik Tak Melulu Soal Kondangan

Di mata masyarakat dan anak muda, batik biasanya identik dengan pergi ke acara pernikahan atau kondangan. Padahal, kapanpun dan dimanapun kita bisa menggunakan batik.

Beberapa orang justru beranggapan bahwa batik lebih identik dengan orang tua. Anak muda berpikir bahwa batik tidak merepresentasikan jiwa mudanya.

Padahal, banyak sekali pakaian dan atribut pakaian yang memiliki gaya anak muda dengan tetap menggunakan batik, sehingga anak muda tetap bisa tampil keren dan kece dengan batik.

Menurut Chief Media Officer Energi Bangsa Didik T. Atmaja, menggunakan batik itu sebagai bentuk kebanggaan terhadap budaya warisan Indonesia. Dalam menggunakan batik juga tidak memandang usia.

“Harus bangga menggunakan batik. Batik nggak bikin kelihatan tua, justru makin keren dan berwibawa” ujar Didik.

Didik juga menambahkan, menggunakan batik sebagai identitas bahwa kita Indonesia. Tidak perlu merasa malu atau berpikir bahwa memakai batik seperti akan pergi ke kondangan.

Sebagai warga negara Indonesia memang sepatutnya menjunjung tinggi budaya Indonesia. Bangga memiliki dan menggunakan batik perlu ditanamkan dalam diri generasi muda di Indonesia agar batik sebagai warisan leluhur tetap hidup.

Sobat Energi, tetap lestarikan batik ya. Jangan lagi malu dan berpikir batik untuk kondangan saja. Ayo bersama pakai batik!

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button