fbpx
Lewat ke baris perkakas
Kesehatan

Ekstrak Buah Pepaya dan Nanas Atasi Kulit Kusam

ENERGIBANGSA.ID (Semarang)– Produk perawatan kulit/ skincare tentunya memprioritaskan isi (kandungannya).

Ilustrasi buah pepaya (sumber: halodoc)

Ini seperti ekstrak buah-buahan yang dikenal berkhasiat antara lain pepaya dan nanas. Kedua buah tersebut memiliki manfaat yang spesifik untuk permasalahan kulit kusam.

Dr. Balquist Farida, Sp.KK selaku Dermatologi Skin & Co mengungkapkan bahwa ekstrak buah papaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, antioksidan hingga enzim papain.

Enzim papain bekerja menghancurkan protein pada sel kulit mati. Dengan begitu, diharapkan kulit mati dapat ikut meluruh. Ini sudah banyak diteliti oleh para ilmuwan dari dalam maupun luar negeri.

“Dapat mencerahkan karena kalau kulit kusamnya meluruh, otomatis kulit baru akan lebih cerah.” Ungkap Dr. Balquist

Sementara ekstrak nanas juga baik untuk mencerahkan kulit, karena mengandung banyak vitamin dan enzim bromelain yang merangsang regenerasi kulit.

“Jadi sinergi keduanya saling bekerja sama meningkatkan potensi proses eksfoliasi,” kata dr. Balquist.

dr. Balquist juga menekankan pentingnya perawatan tubuh dari dalam ketika seseorang ingin mencerahkan kulit. Misalnya, pentingnya menjaga asupan nutrisi berkualitas, mengelola stres, hingga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

“Mau tidak mau setiap hari kita ketemu matahari, ketemu stres, kromosom menua, tergoda makanan tidak sehat, terpapar toksin seperti polusi di jalan, jadi harus tetap usaha (untuk mencerahkan kulit),” tambahnya. (dhanti/EB/kompas)

Related Articles

Back to top button