fbpx
Ekonomi & BisnisKabar IndonesiaNasional

Ekonom Dorong Jokowi Bentuk Kementerian Ekonomi Digital

ENERGIBANGSA.ID— Saat ini pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia sedang tumbuh begitu pesat. Dari data analisis Ernst & Young, pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air setiap tahun meningkat 40%. Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia.

Merujuk data yang diperoleh tim energibangsa.id, tahun 2020, volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai US$ 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50%.

Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi digital akan menembus ratusan milliar dollar pada 2025 mendatang dan akan menyumbang hingga 155 milliar dolar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira, pun mendorong Presiden Petahana terpilih Joko Widodo untuk membentuk kementerian Ekonomi Digital, guna merespons pertumbuhan ekonomi di Era Digital atau Ekonomi Digital.

“Syukur-syukur ada Kementerian Ekonomi Digital pada Kabinet Kerja Jilid II. Itu bisa diisi pos anak muda,” ujar Bhima.

Dirinya mencatut beberapa nama bos besar perusahaan e-commerce dalam negeri seperti pendiri Go-Jek, Nadiem Makarim serta CEO BukaLapak, Achmad Zakky yang layak mengisi posisi Menteri Ekonomi Digital

“Banyak yang minat, Founder-founder start up unicorn  bisa isi posisi itu. Buat makin maju ekonomi digital kita,” ucap Bhima seperti dikutip tim energibangsa.id dari liputan6.com.

Bhima menilai, baik Nadeem hingga Achmad Zaky dipastikan unggul jika terlibat pada posisi atau bidang ekonomi kreatif serta ekonomi digital. 

“Saya pikir mereka cocok jadi menteri muda. Kenapa? Karena mereka ini terbukti kreatif, inisiatif, berani, jaringanya luas, memahami dunia ekonomi digital, dan tentunya punya integritas,” tuturnya

Ia menambahkan bahwa Nadiem dan Zakky cocok untuk jadi Menteri Ekonomi Digital atau Kepala Bekraf agar Ekonomi Digital dan start up di Indonesia makin maju sebab mereka paham hambatan ekonomi digital di Indonesia.

Adanya Kementerian Ekonomi Digital diharapkan dapat membantu memperkuat disektor tersebut. Sebab Indonesia dapat lebih memanfaatkan dan memaksimalkan peluang yang ada. Selain itu merancangkan road map perekonomian digital Indonesia lebih terarah. Sehingga kedepannya Indonesia bisa menjadi negara sekaligus pemain dalam ekonomi digital di dunia.

Related Articles

Back to top button