fbpx
Lewat ke baris perkakas
Wisata & Kuliner

Eitts Jangan Dibuang, Begini Cara Sulap Pisang Hampir Busuk Jadi Dessert Lezat

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Memiliki daya tahan simpan yang rendah, pisang menjadi salah satu buah yang mudah membusuk. Pisang hanya bertahan kurang lebih tiga hari digantung di suhu ruang.

Sedangkan apabila disimpan di freezer, pisang dapat bertahan sekitar 3-4 hari.

Pisang yang telah melewati masa matangnya perlahan-lahan akan membusuk. Namun, pisang yang hampir busuk ternyata dapat diolah menjadi dessert lezat yang bisa menemani waktu bersantai bersama keluarga.

Maka dari itu, tidak perlu bingung apabila buah pisang di rumahmu sudah hampir busuk. Sulap pisang yang hampir busuk jadi hidangan lezat untuk menemani harimu. Yuk simak resepnya!

Bahan-bahan

– 100 gram mentega, suhu ruang

– 2 pisang

– 100 gram gula muscovado ringan (bisa ganti dengan brown sugar)

– 100 gram tepung terigu self-raising

– 2 sdt kayu manis bubuk

– 2 telur

– 2 sdm susu

– Icing sugar, saus toffee, dan es krim untuk topping (opsional)

Cara membuat puding pisang

1. Letakkan mentega dalam loyang, lalu lelehkan panas tinggi selama 30 detik-1 menit.

2. Masukkan 1,5 pisang. Tumbuk dan campur dengan mentega cair. Tambahkan gula, tepung, kayu manis, telur, dan susu. Campur rata.

3. Potong sisa pisang, letakkan di atas adonan. Masukkan kembali ke microwave. Masak dengan panas tinggi selama 8 menit. Pastikan adonan matang merata dan mengembang.

4. Keluarkan dari loyang. Taruh di piring saji. Taburi dengan icing sugar dan beri saus toffee. Tambahkan satu sendok es krim.

Tips

Sebelum membuat puding, simpan pisang dalam plastic bag di freezer. Cara ini akan membuat rasa puding akan semakin harum terutama apabila menggunakan pisang hampir busuk yang lembut dan berwarna kecoklatan.

Nah itulah cara menyulap pisang yang hampir busuk menjadi santapan lezat! Selamat mencoba!

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button