Kabar Indonesia

Dusun Semilir Eco Park, Destinasi Wisata Unik di Semarang

ENERGIBANGSA.ID – Indonesia memiliki banyak pilihan destinasi wisata unik dan beranekaragam yang menyimpan kenangan dan pengalaman manis agar dapat diingat kemudian diceritakan ke orang terdekat.

Siapa sih yang tidak mengetahui tentang candi Borobudur, yang dulunya merupakan keajaiban dunia diakui oleh Unesco karena potensi kearifan lokal dan keunikan yang tidak dimiliki oleh negara lain dan juga merupakan ikon provinsi Jawa Tengah.

Namun ternyata di Semarang ada destinasi wisata baru yang bangunannya memiliki kemiripan dengan stupa pada Candi Borobudur yaitu Dusun Semilir Eco Park yang terbuat dari kaca, rangka besi dan mulai dibangun setelah usai Hari Raya Idul Fitri pada tahun 2018

Letak Dusun Semilir sangat terjangkau karena berada di pinggir jalan utama antara Semarang-Surakarta/Yogyakarta, alamat lengkapnya di Ngampe, Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Bisa dibilang strategis, tidak jauh dari kota dan tidak berada di tempat yang terpencil jadi dengan mudah dapat ditemukan.

Meskipun masih banyak yang belum mengetahui tentang wisata ini, tetapi sudah banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan atau hanya sekedar mengambil gambar, karena tempatnya sangat trendy dan instgramable yang cocok banget bagi masyarakat yang suka atau mencari konten.

Dilansir dari detiktravel.com Dusun Semilir memiliki beberapa stupa yang megah, pada bagian stupa pertama diisi dengan pusat belanja mulai dari warisan nusantara seperti souvenir kerajinan tangan, batik tradisional sampai mainan tradisionalpun tersedia disini. Dipisahkan dengan sebuah hutan tropis ada juga menyediakan cemilan khas semarang yakni bandeng presto, wingko babat dan lain sebagainya.

Di lantai dua ada Gunungan Resto dengan konsep fine dining yang sangat cocok untuk menikmati makanan sambil melihat pemandangan gunung yang ada di Semarang.

Terdapat juga jembatan senggol yang menyediakan spot-spot foto. Uniknya Jembatan Senggol ini sebagian terbuat dari kayu dan bambu dengan atap anyaman. Di ujung Jembatan, banyak menjumpai area untuk beristirahat dan sepoi sepoi food garden yang menyediakan makanan tradisional sampai modern untuk mengisi perut yang kosong dengan kondisi angin yang cukup semilir, jadi pengunjung tidak akan merasa cepat bosan karena apa yang ditawarkan sangat rekomendasi untuk dikunjungi dengan menyuguhkan keindahan alam, kuliner dan edukasi.

Eitss tapi Ingat Sobat Energi bahwa pembelian tiket dilakukan dengan top up kartu karena pembayarannya dilakukan secara cashless dan harga yang ditawarkan sangat terjangkau di kantong masyarakat. Fasilitas sangat lengkap tak lupa dengan menyediakan kursi roda bagi penderita difabel dan lansia. Dusun Semilir juga masih melakukan pengembangan untuk menambahkan fasilitas-fasilitas demi kenyamanan mayarakat.

Related Articles

Back to top button