Gaya Hidup

Dulu Hanya Dilakukan Laki-laki, Kini 5 Profesi Ini Mulai Digeluti Perempuan

ENERGIBANGSA.ID  ̶  Dahulu, perempuan bekerja dilihat sebagai hal yang tabu karena anggapan laki-lakilah yang memiliki kuasa untuk bekerja dan menghidupi keluarga, sedangkan perempuan dianggap hanya mampu mengurus urusan rumah tangga saja.

Seiring berkembangnya zaman dan emansipasi wanita, kini perempuan semakin menunjukan eksistensinya terlebih dalam bidang pekerjaan.

Saat ini juga lapangan pekerjaan untuk laki-laki maupun perempuan bisa dibilang lebih setara jumlahnya.

Beberapa profesi yang identik dilakukan laki-laki ternyata juga banyak ditekuni oleh perempuan, loh!

Tentunya dengan kekuatan dan keterampilan yang tak kalah dari laki-laki.

Di bawah ini deretan profesi atau pekerjaan yang dulunya hanya dikerjakan pria, namun sekarang mulai digeluti perempuan.

1. Petugas Keamanan

Sumber : blogspot.com

Petugas keamanan atau satpam juga identik dengan kaum pria, pekerjaan yang membutuhkan fisik yang kuat dan ketegasan ini, sekarang sudah banyak digeluti perempuan.

Mungkin kamu juga sudah bertemu dengan satpam perempuan di beberapa pusat perbelanjaan, perkantoran, bank maupun perumahan.

Dengan ketegasannya satpam perempuan bertugas melindungi dan menjaga keamanan di wilayah untuk memastikan setiap pengunjung merasa aman ketika berkegiatan.

2. Supir (Driver)

Sumber : Makassarterkini.id

Sekarang jangan kaget kalau ngeliat supir angkutan umum/bus perempuan. Profesi ini juga banyak digeluti kaum hawa dengan skill menyetir yang nggak kalah cekatan, loh.

PT TransJakarta bahkan sudah sangat terbuka bagi para perempuan yang ingin mendaftar sebagai supir armadanya.

Kalau kamu sering naik atau order makanan pakai ojek online, driver perempuan juga sudah banyak ditemukan di sepanjang jalan.

Jadi, perempuan yang sudah mengantongi izin mengemudi dan sehat secara fisik maupun mental juga punya kesempatan menjajal profesi yang satu ini.

3. Pembalap

Sumber : imotortrip

Pembalap merupakan salah satu hobi yang juga bisa dijadikan sebagai profesi. Biasanya, para pembalap baik motor maupun mobil dikendarai oleh laki-laki.

Di Indonesia, pembalap perempuan yang terkenal diantaranya ada Sabrina Sameh, Diandra Gautama, Raya Kitty dan masih banyak lagi.

Perempuan-perempuan ini pastinya sudah dibekali dengan teknik mengemudi yang profesional, serta keberanian untuk menghadapi berbagai tantangan dan medan lintasan yang berbeda.

4. Pilot

Sumber : Daily Times

Pilot dulunya juga identik dengan pekerjaan laki-laki. Perempuan hanya sering terlihat sebagai pramugari.

Tapi sekarang ini, pilot perempuan juga sudah mulai bermunculan. Sempat viral di media sosial, yakni Athira Farina.

Pilot perempuan yang sudah punya lebih dari 3000 jam terbang di usianya yang terbilang muda.

5. Atlet Sepak Bola

Sumber : bolatimes

Olahraga yang satu ini sudah sangat kental dengan sosok laki-laki, apalagi kalau bukan sepak bola. Stamina dan teknik yang dibutuhkan juga sangat tinggi.

Sudah banyak atlet sepak bola perempuan berprestasi di berbagai belahan dunia yang permainannya tidak kalah seru!

Perempuan sejatinya bisa mengambil berbagai peran dalam bidang pekerjaan. 

Related Articles

Back to top button