fbpx
Kabar Daerah

Dukung Emak-emak Kreatif, Mahasiswa KKN Gelar Pelatihan Pemanfaatan Botol Bekas

KENDAL, energibangsa.id—Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang menggelar kegiatan pelatihan kreativitas dengan memanfaatkan botol bekas menjadi vas bunga.

Pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kreativitas warga di tengah pandemi. Adapun kegiatan itu terselenggara di Desa Sriwulan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Mahasiswa KKN Kelompok 24, Falashifa menjelaskan, diadakannya pelatihan ini berawal dari banyaknya botol bekas yang dibuang begitu saja. Ia menyayangkan barang bekas yang juga sampah, yang sulit terurai.

“Jadi untuk memanfaatkan botol bekas itu kita ‘sulap’ jadi vas bunga. Daripada terbuang dengan percuma, bisa dimanfaatkan jadi barang yang berguna, dengan sedikit sentuhan kreativitas,”ujar Falashifa.

Seperti dijelaskan, mahasiswa melatih ibu-ibu dengan tahapan-tahapan tertentu. Antara lain dengan menggunting dan melipat botol-botol itu.

Salah satu peserta, Herti, merasa senang mengikuti pelatihan itu. Ia bahkan senang, bisa mengurangi sampah anorganik dan dapat lebih kreatif.

Sementara, mahasiswa berharap agar hasil kreativitas itu bisa berdampak ekonomis.

“Harapan saya, hasil pembuatan vas bunga juga bisa di perjualkan. Dan menghasilkan uang tambahan ibu-ibu”, pungkasnya. (Nofita Sari)

Related Articles

Back to top button