fbpx
Kabar Daerah

Duh! Sebanyak 84 Objek Wisata Jateng Ditutup Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Dia Tempatnya…

MAGELANG, energibangsa.id – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah objek wisata di Jawa Tengah ditutup. Hal ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah setempat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Dilansir dari Antara, Sabtu (26/12), beberapa kabupaten ini ada yang menutup sebagian temapat wisatanya namun ada juga yang menutup semuanya. Total sebanyak 84 objek wisata dari berbagai kabupaten yang ada di Jateng akan ditutup.

Kepala Dinas Kepmudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng, Sinung Nugroho Rachmadi mengatakan, sejumlah objek wisata yang tutup tersebut berada di tujuh kabupaten atau kota.

Detailnya yaitu Kabupaten Purworejo 27 objek wisata, Kudus sebanyak 17 dan Wonogiri sebanyak 17 objek wisata. Selanjutnya yaitu Jepara sebanayak 9, Surakarta sebanyak 1 dan Pemalang sebanyak 3 objek wisata.

Hal ini merupakan langkah kebijakam lokal. Sehingga perilaku wisatawan atau masyarakat perlu didorong untuk bisa meningkatkan kesadaran menerapkan protokol kesehatan.

Penutupan objek wisata

Ia menambahkan, ada yang ditutup pada akhir pekan saja sedangkan hari kerja tetap buka seperti di Pemalang. Namun, ada yang ditutup mulai 24 Desember 2020- 3 Januari 2021 seperti di Purworejo.

“Daerah yang lain secara kontekstual tergantung pada kebijakan pemerintah daerah. Bagi yang tetap buka harus memperketat protokol kesehatan,” ungkapnya.

Maka dari itu jika ada objek wisata yang buka saat libur natal dan tahun baru, akan ada tes rapid antigen di kawasan objek wisata. Kebijakan ini berpengaruh terhadap tingkat keingian masyarakat untuk berwisata.

Hal ini dilakukan pemerintah daerah mengingat kepentingan masyarakat lebih diprioritaskan. Sehingga dengan diterapkannya protokol kesehatan di berbagai tempat sebagai upaya untuk menjaga kesehatan bersama.

Gubernur Jateng bersama forkopimda telah menyepakati bahwa di kabupaten atau kota di Jateng, saat tahun baru tidak boleh ada pesta dan kerumunan. (*)

Related Articles

Back to top button