fbpx
Ekonomi & BisnisKabar Indonesia

Duh, Dosen Perempuan Ini Ajari Mahasiswinya Open BO!

SEMARANG, energibangsa.id – Di masa pandemi covid-19 yang belum kunjung selesai ini, banyak orang mengalami jatuh, runtuh, dan akhirnya memilih di jalur rejeki yang tak diduga-duga.

Adalah Ratih Pratiwi, S.Pd., M.Si., M.M, dosen Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Wahid Hasyim, dalang utama di balik tugas ‘open BO’ yang diwajibkan untuk mahasiswa bimbingannya.

ratih pratiwi
Ratih Pratiwi sedang membimbing mahasiswinya open BO (doc instagram)

“ya awalnya cuma coba-coba, akhirnya ketagihan juga, karena hasil dari open BO selama pandemi ternyata ini lumayan juga,” terangnya pada energibangsa.id via pesan elektronik.

Eits… sobat energi jangan negative thinking dulu, open BO yang diajarkan Ratih kali ini adalah open Bisnis Online, alias menerapkan strategi manajemen pemasaran melalui platform digital.

Bisnis Menantang

Bagi dosen yang sedang dalam proses merampungkan kandidat doktor di bidang manajemen ini, bisnis online di masa pandemi ini menarik sekaligus menantang.

Ratih menganalogikan bisnis di masa pandemi bagaikan melatih pelaut di samudra bisnis yang bergelombang besar.

“Jika di saat pandemi saja kami mampu bertahan, apalagi di masa normal nanti? Kami harus menaklukkan badai ini,” kata Ratih kepada energibangsa.id, Senin (25/01/2021) siang.

Untuk menjaring konsumen, Ratih meminta mahasiswa yang bekerja di tempatnya untuk gencar melakukan promosi di media sosial.

Praktek BO

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa praktek iklan online yang bisa menjangkau segmen market hingga micro-targeting cukup membantu proses promosi.

Duh, Dosen Perempuan Ini Ajari Mahasiswinya Open BO!
belajar, bekerja, dan bisnis, adalah konsep manajemen 3B ala Ratih Pratiwi (doc instagram)

Maka dari itu, Ratih meminta anak-anak didiknya untuk mendalami teknik dan praktik bisnis online di laboratorium kewirausahaan miliknya.

“digitalisasi tak terelakkan lagi, dan harus diakui, di masa pandemi ini kami terbantu dengan pesanan-pesanan online,” kata penulis buku Manajemen Sumber Daya Manusia itu.

Sekarang, ibu dari tiga anak itu ingin melebarkan sayap bisnis dan laboratorium kewirausahaan Fakultas Ekonomi Unwahas untuk membuat sistem waralaba dan memasarkannya via daring.

Wahhh, keren ya sobat energi. Semoga sukses terus ya bisnisnya. Tertarik untuk jadi mahasiswanya bu dosen gaul, baik, dan cantik ini? yuk daftar di sini. (yab/EB)

Related Articles

Back to top button