fbpx
Kabar Daerah

DPU Kota Semarang Bersih-Bersih Kali Bandarharjo Singkirkan Enceng Gondok

SEMARANG, energibangsa.id – Pemandangan berbeda terlihat saat Dinas Pekerjaan Umum atau (DPU) Kota Semarang bersama jajaran pengurus Kelurahan Bandarharjo pada Hari Selasa (12/01/2021).

Akan sangat umum jika dalam setiap agenda membersihkan kali atau sungai fokus utama dalam kegiatan ini adalah bagaimana menstrerilkan sungai dari sampah atau limbah yang terapung.

Namun berbeda sekali jika yang dihadapi adalah enceng gondok. Hal itu terjadi dan menjadi kewajiban serta tanggung jawab pihak terkait untuk membereskan permasalah tersebut.

Bahkan diperlukan backhoe dan dua truk digunakan untuk mengangkat enceng gondok beserta sedimentasi yang ada di sungai Bandarharjo.

Pembersihan ini bukan tanpa alasan, hal ini merupakan sebuah antisipasi dari bencana banjir yang sewaktu-waktu bisa saja melanda kapan saja, apalagi pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Banyaknya tanaman eceng gondok yang ada membuat aliran kali menjadi terhambat, dan berisiko menganggu kinerja operasional dari rumah pompa pada saat hujan.

Sepanjang 500 meter bantaran sungai dibersihkan yang merupakan respon tindaklanjut terhadap keluhan masyarakat kepada DPU Kota Semarang.

Ujar Emi Setiana selaku Lurah Bandarharjo, nantinya tanaman eceng gondok tersebut akan dibuang menuju TPA Jatibarang setelah sebelumnya dikeruk menggunakan backhoe. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button