fbpx
Kabar Daerah

Dorong Tanaman Hias Meroket, Mahasiswa UNS ini Rame-rame Gelar Pelatihan di Ambarawa

KABUPATEN SEMARANG, energibangsa.id – Mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan pelatihan digitalisasi UMKM bagi masyarakat di Kelurahan Baran Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, Sabtu (13/2/2021).

Gagasan itu muncul di tengah pandemi yang memberikan dampak luar biasa. Termasuk bagi pelaku bisnis tanaman hias di Ambarawa.

Karena ide inilah kelompok 43 KKN UNS berinisiatif untuk memberikan pelatihan digital kepada masyarakat di Kelurahan Baran agar bisa memanfaatkan bisnis tanaman hias walaupun di masa pandemi.

Keuntungan peserta

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi keuntungan bagi peserta. Pasalnya, mereka bisa belajar bagaimana cara menjual tanamannya secara online.

Mereka dapat secara mudah akrab dengan dunia marketplace. Seperti tokopedia, shopee, buka lapak dan lainnya. Dari situ, jangkauan bisnis tanaman hias makin meluas.

Dalam pelatihan, mahasiswa juga memberikan materi tata cara pengambilan foto tanaman hias yang baik. Mahasiswa mendorong peserta memanfaatkan kamera smartphone dan aplikasi edit foto agar tampak lebih menarik.

Seperti dijelaskan, sosialisasi ini lebih tentang pada proses membuat foto dengan memanfaatkan media kertas HVS, karton, serta sarana pendukung lainnya.

“Bapak ibu sekalian, dari sosialisasi ini kita berharap panjenengan bisa memulai cara ini agar mendapatkan lebih banyak penjualan”, ujar pemateri, Adimas.

Selain pelatihan cara membuat konten foto kreatif, peserta juga diberikan materi membranding sebuah usaha.

Tak dipungkiri, peserta diajarkan membuat logo usaha, hingga akun google. Sehingga membantu mempermudah pembeli dalam mengakses lokasi bisnisnya. (*)

Related Articles

Back to top button