fbpx
Nasional

Dikala Pandemi, ‘Rating’ Penjualan Susu di Indonesia Terus Meningkat

ENERGIBANGSA.ID – Saat ini, penjualan produk air mineral dalam kemasan menduduki posisi teratas penjualan kategori minuman di Indonesia. Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh susu siap minum.

Data terkait konsumsi susu di Indonesia

“Dalam tiga tahun terakhir, segmen susu siap minum tumbuh sekitar 10 persen dan pada masa pandemi ini angkanya bahkan terus tumbuh hingga lima persen,” ungkap Marketing Manager Milku, Preeti Chopra Bhatnagar, dalam konferensi pers virtual peluncuran susu Milku, Selasa (1/9).

Dari data tersebut, Milku mengatakan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap produk bernutrisi ini semakin banyak. Hal itu dilakukan demi menerapkan pola makan dengan nutrisi seimbang. Walaupun berpotensi besar di kategori minuman, tingkat konsumsi susu per kapita di Indonesia masih tergolong yang paling rendah di .

Baca Juga : Waspada, Ini 6 Makanan Enak yang Sebabkan Darah Tinggi!

Konsumen susu di Indonesia

Masyarakat Indonesia hanya mengonsumsi sekitar 16,23 kg susu per kapita per tahun pada tahun 2019. Menurut standar FAO (Food and Agriculture Organization) AS, dibutuhkan lebih dari 30 kg susu per kapita per tahun agar Indonesia dapat masuk ke dalam kategori menengah terkait konsumsi susu.

“Dengan kata lain, masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum minum susu,” ujarnya.

Pentingnya susu terhadap pola makan seimbang

Sebenarnya, minum susu sangat penting dalam penerapan pola makan dengan nutrisi seimbang. Hal Preeti mengatakan, hal ini justru dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika tidak diperhatikan.

“Susu merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan nutrisi tersebut, sehingga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit,” ujar Preeti.

Rendahnya konsumsi susu di Indonesia

Menurutnya, tingkat konsumsi susu yang rendah di Indonesia dikarenakan kemampuan membeli susu yang rendah dan juga seringkali anak yang menyukai rasa susu tersebut.

Mencermati hal tersebut, Milku melihat potensi besar dan masuk dalam kategori itu.

Milku pun memilih masuk melalui kategori susu siap minum 200 ml yang merupakan ukuran paling digemari. Dengan keunggulan yang ditawarkan oleh Milku, mereka percaya kebutuhan masyarakat tersebut akan dapat dipenuhi dengan lebih baik lagi. (buddy/EB/republika).

Related Articles

Back to top button