fbpx
Kabar Indonesia

Digugat Soal Kualitas Udara Jakarta, Ridwan Kamil Tawarkan Solusi Ini

ENERGIBANGSA.ID – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendapat gugatan secara perdata terkait kualitas udara oleh warga Jakarta. Para penggugat antara lain berasal dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Greenpeace Indonesia, dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi).

Warga yang tegabung dalam lembaga tersebut menilai Ridwan Kamil telah lalai dalam menjaga kualitas udara di wilayah Jawa Barat. Sehingga secara tidak langsung berimbas pada kualitas udara yang ada di Jakarta.

Menyikapi gugatan tersebut, Kang Emil begitu biasa disapa, akan menanggapinya secara prosedural. Meski begitu, Kang Emil mengaku pihaknya tidak abai terhadap kualitas udara yang ada, khususnya untuk provinsi Jawa Barat.

Ia menawarkan solusi “Langit Biru” untuk menciptakan kualitas udara yang baik dan bersih bagi masyarakat. Tim Energi Bangsa mencatat solusi ini sudah pernah diterapkan di Kota Bandung dan berhasil menjadikan Bandung sebagai Kota Terbersih se-ASEAN pada tahun 2017.

Langit Biru menawarkan berbagai inovasi dan kebijakan seperti menanam pohon di atap, pelarangan bakar sampah, uji emisi, car free day, bike to school/work, urban farming, dan penggunaan teknologi nuklir. Program ini rencananya akan diterapkan di beberapa wilayah di Jawa Barat. Adapun wilayah yang telah menerapkan program ini adalah Depok, Bogor, dan Bekasi.

“Tahun 2019 ini penanganan kualitas udara dari industri dilakukan di 280 industri. Termasuk memberi sanksi kepada yang terbukti melanggar sesuai Perda 11 tahun 2006 tentang Pengendalian Pencemaran Udara,” ujar Kang Emil dilansir dari republika.

Kang Emil menambahkan bahwa permasalahan seperti ini sebaiknya diselesaikan secara bersama-sama, bukan saling gugat-menggugat. Belajar dari kejadian ini, baiknya kesadaran pribadi dalam merawat bumi semakin kita tumbuhkan ya, Sobat Energi.

Related Articles

Back to top button