fbpx
Nasional

Didesak Tunda Pilkada Serentak 2020, Mendagri Siapkan 2 Opsi

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Tito Karnavian yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyatakan jika saat ini pihaknya tengah mengkaji pilihan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait dengan pelaksanaan Pilkada 2020.

Dalam Webinar Nasional Seri 2 KSDI “Strategi Menurunkan COVID-19, Menaikkan Ekonomi” yang digelar pada hari Minggu (20/9) melalui akun Youtube KSDI. Tito mengungkapkan jika saat ini pemerintah sedang merundingkan mengenai dua opsi di tengah adanya penundaan pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Dua opsi tersebut meliputi pembuatan Perppu yang mengatur penanganan hingga penindakan hukum pelanggar protokol kesehatan di Pilkada 2020 atau melakukan revisi PKPU mengenai Pilkada.

“Opsi Perppu ada 2 jenis, yang pertama adalah Perppu yang mengatur secara keseluruhan mengenai masalah COVID. Dimulai dari pencegahan, penanganan, dan penegakan hukum,” ungkapnya.

“Karena belum adanya undang-undang spesifik khusus mengenai COVID-19 tadi. Sedangkan opsi kedua yaitu Perppu yang hanya spesifik masalah protokol COVID-19 untuk Pilkada serentak 2020,” lanjutnya.

Ada pun opsi mengenai penerbitan Perppu mengemuka menyusul karena adanya beberapa aturan dalam pilkada yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan. Sebagai badan penyelenggara pilkada, Komisi Pemilihan Umum berargumen tentang aturan-aturan tersebut sudah tercantum dalam UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2016.

Tito juga menyebutkan jika pemerintah tengah mempertimbangkan opsi lain supaya dasar hukum Pilkada 2020 dapat lebih sesuai dengan protokol kesehatan.

Opsi yang dimaksudkan yakni merevisi Peraturan KPU (PKPU) Pilkada 2020 yang tidak sesuai dengan kondisi masa pandemi. Hal ini berkaitan dengan adanya pembatasan kegiatan kampanye yang memiliki kemungkinan membuat kerumunan massa.

“Guna mengatur hal itu, masih terus dilakukan penimbangan apakah melalui revisi PKPU atau dapat diatur secara lebih spesifik melalui Perppu,” tutup Tito.

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button