Ragam Bangsa

Dibuka Kesempatan Menjadi Jurnalisme Warga

0

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Jurnalisme warga merupakan istilah untuk suatu kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan masyarakat dalam kegiatan jurnalisme seperti pengumpulan, pelaporan, analisis, serta penyampaian informasi dan berita. Biasanya orientasinya non-profit, tidak berorientasi finansial (upah).

Ilustrasi membaca berita (offline). Sumber: pixels

Hal yang paling sering terjadi dilakukan warga yakni mengirimkan 3 bentuk tulisan berupa (1) artikel/ opini, (2) sambat, yaitu tulisan pengaduan dan komplain masyarakat kepada pihak tertentu, (3) berita langsung (straight news).

Menyambut hal itu, Media Online Energi Bangsa yang berkantor di Semarang membuka peluang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengirimkan karya jurnalistik positif. Adapun spesifikasi dan kriteria tulisan sebagai berikut.

Tulisan Opini; berupa artikel populer. Tema tulisan bebas, panjang 4000 karakter, tulisan asli & belum pernah dipublikasikan di media lain. Tulisan bersifat positif, membangun, bernilai edukatif dan inspiratif.

Berita kejadian di sekitar tempat
tinggal
(straight news). Yaitu menginformasikan semua hal yang sesuai untuk dijadikan bahan pemberitaan. Tulisan juga tidak hoaks.

Semua karya jurnalistik dapat diemail ke: didik@energibangsa.id atau dapat dikirim langsung via WhatsApp (WA) ke nomor: 082221999805. Jangan lupa menyertakan foto kegiatan atau kejadian. Redaksi dalam hal ini berhak melakukan kurasi sebelum dilakukan pemuatan (penerbitan) pada media. (dd/EB).

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Dapat Daging Kurban? Begini Resep Sate Kambing Enak, dan Tampil Beda

Previous article

Gegara Sapi, Selebgram Kekey Masuk Rumah Sakit!

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Ragam Bangsa