Nasional

Di Balik Riuhnya Mahasiswa Demonstrasi, Ada Emak-Emak yang Peduli

ENERGIBANGSA.ID – Desakan mahasiswa yang menggelar aksi demo di berbagai kota di Indonesia untuk menolak UU KPK dan RUU KUHP pada Selasa (23/9/2019) lalu dengan dekrit 7 tuntutannya itu menguras tenaga banyak pihak.

Pengesahan beberapa RUU yang seolah diketok palu berbuntut panjang setelah masyarakat merasa ada ketidakrelevanan yang ngawur hingga dapat memberikan dampak kurang adil untuk masyarakat ini memanggil banyak aspirasi di berbagai pelosok negeri.

Ratusan mahasiswa turun ke jalan dengan aspirasinya yang mereka bawa sebagai alasan untuk berdialog dengan pemerintah serta DPR. Aksi tersebut membutuhkan tenaga dari berbagai lapisan pihak agar berjalan dengan damai tanpa kericuhan.

Di balik aksi yang menegangkan itu banyak warga yang berjasa memberikan kontribusi dukungan kepada para mahasiswa yang berdemo. Kisah menarik warga untuk menunjukkan solidaritas dilakukan dengan cara yang berbeda.

Tim Energi Bangsa menyoroti beberapa warga yang memberikan dukungan kepada mahasiswa dengan cara membagikan makanan secara gratis.

Di Ibu Kota yang memanas dengan seruan mahasiswa yang menggema dari pagi hingga petang memanggil dukungan warga sekitar. Peran emak-emak saat aksi demo juga banyak yang turun ke jalan membagikan nasi bungkus gratis kepa para mahasiswa.

Melansir dari Tribunnews, ada empat emak-emak yang membagikan makanan gratis dari jembatan penyebrangan orang di sebrang Gedung DPR. Mereka menyiapkan 100 bungkusan logistik yang sengaja dibagikan pada mahasiswa di tengah situasi demo.

“Ayo, ini buat ganjel perut gratis silakan ambil, jangan sampai kelaparan,” dengan semangatnya ujar seorang emak-emak kepada mahasiswa.

Awkarin Ikut Peduli

Selain dari emak-emak, ada Awkarin, seorang selebgram hadir juga ditengah-tengah kerumunan memberikan simpatinya memberikan 3000 nasi gratis untuk mahasiswa. Ia menerobos keramaian mahasiswa mencari celah untuk membagikan makanan nasi kotak yang sengaja dia persiapkan.

Aksi membagikan makanan gratis juga terlihat kepada para peserta demo juga dilakukan di Yogyakarta Senin (23/9/2019). Pada aksi damai yang diberi nama #GejayanMemanggil tersebut, beberapa pedagang buah di Jalan Kolombo, Gejayan, Yogyakarta, membagikan jeruk, apel serta air mineral kepada peserta aksi.

Salah satu karyawan Kios Buah Mbak Sam di Gejayan, Nurcholis mengatakan Ia membagikan sekitar 7 kilo jeruk kepada mahasiswa. Melihat mahasiswa melangsungkan aksinya didekat kios, Ia berniatan membantu dengan memberikan buah agar mereka ada pegangan makanan untuk mengisi perut.

Banyak warga menunjukkan simpatinya dengan dukungan membagikan logistik seadanya di tengah berlangsungnya aksi damai ini. Bagaimana menurut Sobat Energi, dukungan simpatik seperti apa yang kalian berikan?

Related Articles

Back to top button