fbpx
Kesehatan

Desa Wangandalem Brebes Bersatu Lawan Corona

ENERGIBANGSA.ID, Brebes – Pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19 yang membuat heboh ini seolah menjadi momen persatuan. Pemerintah Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes bersama dengan Geraka Pemuda (GP) Ansor, Banser, Bidan Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Karang Taruna, dan Remaja Irmush Wangandalem mengadakan bersatu melawan Covid-19.

Bentuk perlawannya dengan berkeliling desa melakukan sosialisasi pencegahan Corona dan melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum (Fasum) seperti kantor balai desa, masjid maupun mushalla, dan sebagainya.

Kepala Desa Wangandalem, Makmuri Rosidin yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengatakan hal itu dilakukan berdasarkan instruksi Bupati Brebes dan Camat Brebes supaya Pemerintahan Desa beserta segenap elemen masyarakat melakukan kegiatan pencegahan persebaran Virus Corona.

“Karena masyarakat perlu diberi edukasi (pemahaman) terkait dengan informasi Virus Corona seperti apa, sampai dengan pencegahannya. Sehingga tidak terjadi kepanikan di tengah masyarakat,” katanya, Selasa (24/3/2020).

Ia melanjutkan, masyarakat harus mengerti cara menghadapi pandemi ini sehingga dapat melakukan pencegahan yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga sesuai arahan pemerintah.

Lebih lanjut Makmuri Rosidin meminta masyarakat untuk bersatu melawan Corona, “Kita semua harus saling bahu membahu dalam menghadapi wabah Virus Corona ini. Kami siap membantu masyarakat desa untuk  pengadaan penyemprotan disinfektan secara rutin, baik di masjid, mushalla, dan fasilitas umum lain serta area perumahan warga. Ini bertujuan supaya masyarakat merasa aman dan tidak panik akan wabah ini,” ujarnya.

Makmuri juga mengingatkan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan membiasakan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, “Untuk segenap masyarakat desa Wangandalem, agar senantiasa menjaga lingkungan yang bersih, tidak jorok dan kotor. Pola hidup sehat harus menjadi pedoman hidup kita, disamping tentunya kita tetap berikhtiar dan berdoa semoga virus Corona ini tidak sampai di Wangandalem, Brebes,” tuturnya.

Setelah kegiatan pada hari ini, lanjutnya, Pemdes akan menginstruksikan kepada Ketua RT dan Ketua RW untuk segera membuat jadwal penyemprotan secara bergilir. Supaya perumahan warga juga ikut disemprot disinfektan. Demi menjaga lingkungan dan masyarakat agar terhindar dari Corona.

Pada kesempatan yang sama Kepala Satkorkel Banser Wangandalem Yusuf Dzazuli menyatakan siap menyukseskan program tersebut, “Insya Allah kami akan selalu support kegiatan yang berada di Desa Wangandalem. Ini merupakan bagian khidmah kami melalui kegiatan sosial. Ini pun selaras dengan instruksi Tim Satgas PC GP Ansor Brebes,” kata Tim Satgas Ansor Cegah Covid 19 Desa Wangandalem.

Sebagai informasi, Satgas Ansor Cegah Covid-19 adalah membantu pemerintah dalam pencegahan persebaran virus Corona. Karena itu, Satgas di desa mengupayakan untuk bekerjasama dengan Pemdes dan elemen desa yang lain dalam melakukan upaya pencegahan virus Corona secara masif.

“Besar harapan kami, Kabupaten Brebes, desa Wangandalem khususnya terbebas dari virus Corona dan penyakit lainnya,” ungkapnya.

Dewan Pembina GP Ansor Wangandalem M. Muzaqi mengapresiasi langkah cepat pemerintah desa Wangandalem dalam melakukan pencegahan ini, “Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemdes Wangandalem, GP Ansor Wangandalem dan segenap unsur yang mau bekerjasama untuk melakukan pencegahan persebaran Corona,” katanya.

Lebih lanjut anggota Tim Satgas Pencegahan Covid 19 PC GP Ansor Brebes ini meminta pada segenap jajarannya untuk bersama pemerintah setempat dalam mencegah pandemi Corona, “Kami mengimbau kepada tim Satgas Wangandalem, untuk segera berkoordinasi dengan Pemdes terkait dengan masyarakat yang baru saja pulang dari luar kota atau dari perantauan,” ujarnya.

Perlu diketahui, pengawasan terhadap orang asing maupun warga yang kembali dari kuar kota atau perantuan merupakan bagian dari deteksi dini pencegahan Covid-19. Karena itu koordianasi lintas sektor harus dikedepankan. (Zack/riff).

Related Articles

Back to top button