fbpx
NasionalWisata & Kuliner

Desa Lerep, Desa Wisata Berkelanjutan Terbaik Nasional, Benarkah?

SEMARANG, energibangsa.id— Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang terpilih sebagai Desa Wisata Berkelanjutan terbaik nasional.

Capaian itu berkat adanya konsistensi warga Desa Lerep dalam mempertahankan tradisi budaya lokal. Serta, adanya kegiatan pelestarian lingkungan.

Melansir Radar Semarang, Jumat 912/3/2021), penghargaan diterima Kepala Desa Lerep Sumariyadi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno.

Penyerahan penghargaan itu dilakukan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (2/3/2021) lalu.

Penghargaan untuk warga Lerep

“Penghargaan ini untuk seluruh warga Lerep, Pemkab Semarang dan juga Jawa Tengah yang telah memberikan dukungan kemajuan wisata Desa Lerep,” ungkap Kepala Desa Lerep, Sumariyadi.

Dikatakan, penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras warga Lerep yang membiasakan hidup bergotong-royong dalam hal apapun. Termasuk dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Konsep kita usung menjadikan tradisi budaya lokal sebagai unggulan wisata, serta alam lingkungan yang asri kita pertahankan kelestariannya,” jelasnya.

Menyambung dari prestasi itu, Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengatakan bahwa inovasi dipandemi sangat dibutuhkan.

Menurutnya, hal itu terutama pada keberlangsungan ekonomi desa.

“Tentu nantinya bukan hanya Lerep. Semua desa. Ini sedang kami upayakan,” tandasnya.

Seperti diketahui, Lerep adalah sebuah desa yang berada di wilayah Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Desa wisata favorit

Desa Lerep merupakan salah satu desa wisata favorit di Jawa Tengah. Yakni, memiliki alam yang mempesona dengan pemandangan Gunung Ungaran.

Mungkin kalian nggak percaya, di desa ini pula terdapat Dusun Indrokilo yang kerap menjadi tujuan para wisatawan mancanegara.

Mereka dapat mencicipi kopi dan jajanan tradisional khas buatan warga setempat.

Dan, dikabarkan terdapat 764 rumah penduduk yang menjadi homestay bagi wisatawan dengan kapasitas per rumah dua sampai  enam orang. Nah, kamu masih penasaran? Yuk, gas ke sana! (dd)

Related Articles

Back to top button