Wisata & Kuliner

Deretan Makanan Tradisional yang Benar-benar Jadul, Anak Muda Mana Tahu..

SEMARANG, energibangsa.id — Indonesia kaya akan makanan tradisional, setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas daerahnya masing-masing yang biasanya dibuat dari bahan alam yang banyak tumbuh di suatu daerah.

Semakin jarang dijumpai, makanan tradisional menjadi semakin tak dikenal oleh generasi muda.

Salah seorang dosen Ilmu Komunikasi di Kota Semarang, Zahrotul Umami, yang juga seorang pakar makanan dan jajanan tradisional mengatakan beberapa faktor menjadi penyebab makanan tradisional jarang dikenal anak muda.

“Anak muda sekarang jarang yang mau ke pasar tradisional. Lebih memilih makanan atau cemilan pabrikan dan mereka sudah terpapar junk food juga,” ujarnya pada Energi Bangsa, Selasa (13/10).

Umami menambahkan, pembuat makanan tradisional pun kini semakin langka karerna perlahan tersingkir oleh makanan masa kini atau pasrty. Kurangnya publikasi dan pengenalan juga menjadi faktor semakin sedikitnya masyarakat yang mengetahui makanan-makanan tradisional.

Jajanan tradisional, di mata Umami, sangat lekat dengan bahan alami, dan sehat, serta pengolahannya yang tanpa pengawet membuat makanan tradisional memiliki keunikannya masing-masing.

Berbeda dengan jajanan masa kini yang rasanya didominasi micin dan manisnya dari pemanis buatan, masakan tradisional lebih kaya akan rempah sehingga memiliki rasa dan aroma sangat menarik.

Sobat Energi, berikut ini beberapa makanan tradisional yang jarang dikenal anak milenial. Kira-kira kamu tau nggak?

1. Sawut

2. Grotol

3. Gatot

4. Horog-horog

5. Balung kuwuk

6. Ongol-ongol

7. Brongkos

8. Nasi tumpang

9. Buntil

10. Sego megono

Penting sekali untuk mengenal makanan tradisional daerah kita, karena siapa lagi yang melestarikan makanan kita juga bukan kita sendiri. Selain itu juga membuat kita tidak bergantung pada makanan impor dan bisa meningkatkan swasembada pangan. Tidak kalah keren, bisa membangun kebanggaan anak muda atau local pride terhadap makanan tradisional juga loh.

Nah Sobat Energi, dari beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas, berapa banyak nih yang kamu tahu dan sudah pernah makan?

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button