fbpx
Kita IndonesiaNasional

Demo Pro-Kontra RUU PKS, Suara Manakah yang Akan Didengar?

ENERGIBANGSA.ID – Beberapa pekan terakhir Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) tengah menjadi bahan perbincangan yang cukup kontroversial di berbagai kalangan masyarakat khususnya para aktivis.

Di tengah banyaknya perdebatan mengenai pengesahan RUU PKS apakah layak untuk disahkan atau tidak, membuat sebagian masyarakat bertanya-tanya ‘apa sebenarnya isi RUU PKS itu sendiri?’. Tak sedikit pula yang menginginkan RUU PKS untuk direvisi kembali tapi banyak pula yang ingin agar segera disahkan.

Demo Pro-Kontra RUU PKS, Suara Manakah yang Akan Didengar?
Demo Menolak Pengesahan RUU PKS

Semua kalangan berlomba-lomba menyampaikan aspirasi dan pendapat mereka terkait dengan wacana pengesahan RUU PKS ini salah satunya melalui aksi unjuk rasa. Tim Energi Bangsa mencatat setidaknya ada lebih dari lima aksi unjuk rasa terkait dengan pengesahan RUU PKS dalam satu bulan terakhir.

Dilansir dari IDNTimes.com Muhammad, Ketua Umum PD KAMMI Semarang menyebut bahwa pasal-pasal RUU PKS yang dibuat harus harus berlandaskan nilai Pancasila, prinsip agama, dan norma-norma yang berlaku di Indonesia.

Demo Pro-Kontra RUU PKS, Suara Manakah yang Akan Didengar?
Demo Mendukung Pengesahan RUU PKS

Oleh karena itu, mereka meminta DPR untuk mengurungkan pengesahan dan lebih berfokus pada pematangan pasal-pasal yang ada di dalamnya.

Di sisi lain, sebagian kalangan merasa bahwa semakin cepat RUU PKS disahkan akan semakin baik mengingat kasus pelecehan seksual yang semakin marak.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Mariana Aminuddin, Komisioner Komnas Perempuan. Dikutip dari detik.com Mariana menyebutkan bahwa berdasarkan catatan Komnas Perempuan korban pelecehan seksual di Indonesia bertambah.

Semua aksi unjuk rasa yang dilakukan masyarakat dilakukan semata-mata agar suara mereka didengar oleh sang pemegang kekuasaan. Kita tunggu saja kira-kira apa hasil keputusan akhir DPR terkait RUU PKS ini.

Lalu, bagaimana dengan Sobat Energi? Ada di manakah pendapat kalian soal RUU PKS?

Related Articles

Back to top button