fbpx
InternasionalKabar Indonesia

Demi Penghormatan, Timor Leste Abadikan Nama BJ Habibie Jadi Nama Jembatan

ENERGIBANGSA.ID – Selain termahsyur di Indonesia dan di Jerman, almarhum Presiden RI ketiga BJ Habibie juga mendapat hati rakyat Timor Leste.

Berkawan dekat dengan Xanana Gusmao mantan Presiden Timor Leste, nama BJ Habibie diabadikan sebagai nama jembatan di negara tersebut.

Berlokasi di Desa Bidau Sant’ana, Dili, Timor Leste, jembatan ini memiliki panjang 540 meter dan lebar 8 meter.

Pada peresmian nama jembatan tersebut, Presiden Indonesia Joko Widodo menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai delegasinya.

“Terkait peresmian jembatan di Dili dengan nama BJ Habibie, ini merupakan kehormatan bagi Pemerintah Indonesia dan khususnya Bapak BJ Habibie,” kata Basuki, dikutip Energi Bangsa dari keterangan tertulis.

Melalui Basuki, Presiden Jokowi berpesan agar kerja sama ekonomi antar dua negara ini dapat terus berjalan dengan baik. Utamanya untuk wilayah perbatasan seperti Motaain, Motamasin, dan Wini.

Dalam pembangunannya, jembatan BJ Habibie ini telah menghabiskan dana hingga 3,9 juta dollar AS atau setara dengan Rp54,8 miliar.

Sobat Energi ada yang tertarik berwisata ke Timor Leste dan menjajal jembatan BJ Habibie? Kira-kira sama tangguhnya dengan jembatan Suramadu nggak, ya?

Related Articles

Back to top button