Kabar Indonesia

Demi Keutuhan Bangsa, Sembako Ansor Pulang Pisau Edukasi Masyarakat

EnergiBangsa.id , Kab. Pulang Pisau – Energi positif ditunjukkan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Aktifis organisasi kepemudaan Nahdlatul Ulama (NU) ini rela merogoh uang kas organisasi demi membantu masyarakat yang terdampak wabah global Corona Virus Disease atau Covid-19.

“Ini adalah upaya GP Ansor-Banser untuk membantu saudara kita yang terkena dampak ekonomi adanya virus Covid-19,” kata Ketua GP Ansor Pulang Pisau Nasrullah usai kegiatan, Senin (12/4/2020).

Menurut Nasrullah, para pengurus merogoh kas Ansor sebagai contoh untuk menunjukkan kekuatan bangsa Indonesia bertumpu pada kesalehan kultural masyarakatnya yang mau bergotong royong dalam membantu pemerintah melawan pandemi Corona.

Lebih lanjut Nasrullah menjelaskan, uang sebanyak Rp. 10 Juta dari kas Ansor digunakan Gugus Tugas Covid-19 Ansor Pulang Pisau untuk membuat 100 paket sembako dengan nilai Rp.100.000 per paket, “Kami tahap pertama ini masih menggunakan dana kas GP Ansor untuk paket berisi beras 5 liter, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, teh 1 kotak, dan sabun mandi,” ungkapnya.

Lebih dari itu, dengan pembagian sembako tersebut, para aktifis organisasi badan otonom (Banom) kepemudaan NU ini hendak memberikan pelajaran berharga kepada masyarakat luas tentang komitmen Ansor menjaga bangsa dan negara. “Kita tunjukkan bahwa kita solid menghadapi bahaya yang mengancam bangsa,” ujarnya.

Paket sembako dibagikan di Desa Anjir Kelurahan Bereng, Desa Mintin, Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau. Dengan demikian ia berharap mampu membantu ketahanan pangan masyarakat. “Bantuan kami memang tak seberapa, minimal bisa membantu meringankan atau membuat lebih lama bertahan di masa pembatasan sosial ini,” jelasnya.

Nasrullah juga memperhatikan dampak sosial yang mungkin muncul akibat wabah Corona. Karena itu ia mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga silaturrahmi saat aktivitas masyarakat banyak yang dihentikan guna memutus matarantai penyebaran virus Corona. “Kepada masyarakat saya minta agar lebih peka dan peduli terhadap pandemi ini. Ayo bantu secara ekonomi bagi yang punya kelebihan rizki,” ajaknya.

Dalam aksi sosial itu, ia juga mengajak masyarakat untuk patuh terhadap imbauan pemerintah untuk tetap jaga jarak, beraktifitas di rumah sebagai bagian upaya untuk mencegah virus corona.

Sementara, Kepala Satuan Koordiasi Cabang (Kasatkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Pulang Pisau Rahmani menegaskan dirinya selalu siap mendampingi dan mengawal kegiatan sosial tersebut. “Saya siap mengawal ketua dan semua anggota yang aktif dalam kegiatab ini,” tandasnya.

Bahkan, selain menugaskan anggota bansernya secara bergantian, ia juga siap menerjunkan personil Denwatser (Banser putri) untuk mengawal kegiatan serupa dari Banom NU lainnya di tempat yang berbeda. “Besok Selasa dan Rabu saya menugaskan Denwatser untuk mengawal kegiatan yang sama dilakukan oleh Muslimat NU dan Fatayat NU,” ungkapnya.

Sebagai informasi, meski periodisasi PC GP Ansor Kabupaten Pulang Pisau: telah usai masa kepengurusannya dan rencana Konferensi Cabang (Konfercab) tertunda adanya aturan pembatasan sosial, namun para generasi muda NU tersebut masih kompak berjuang bersama dalam barisan.

“Sebenarnya periode kami sudah berakhir, namun kami tetap berupaya melakukan kegiatan-kegiatan untuk membesar nama GP Ansor di mata dunia. dan berharap kegiatan kami ini menjadi motivator bagi PC yang lain,” tuturnya. (*)

Related Articles

Back to top button