Kabar IndonesiaNasionalRagam Bangsa

Demi Anak, Pemkot Depok Dorong Terwujudnya SRA

ENERGIBANGSA.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk mewujudkan Kota Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Dalam mewujudkan hal tersebut, Pemkot Depok mendorong seluruh sektor, agar mampu memenuhi hak-hak anak.

Bukan hanya pelayanan pemerintahan atau kesehatan, melainkan juga mewujudkan pendidikan yang ramah terhadap anak.

Diketahui Depok sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai KLA Nindya dan kini bertekad untuk meraih KLA Utama.

“Dengan raihan KLA Nindya tentunya bukan menjadi diri kita berpuas diri, namun hal ini akan menjadi suatu lecutan bagi kami untuk terus bersama anak-anak di Kota Depok agar kebutuhannya dapat terakomodir,” ujar Mohammad Idris, Wali Kota Depok.

Untuk meraih predikat KLA Utama, salah satunya di aspek pendidikan dengan membentuk Sekolah Ramah Anak (SRA), baik di tingkat TK, SD, SMP, dan SMA.

Deklarasi dan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak di beberapa sekolah yang dilakukan Pemkot Depok beberapa saat yang lalu. (dok Pemerintah Kota Depok )

“Salah satu indikator mewujudkan KLA Utama adalah SRA,” ujar Idris di Balai Kota Depok, Rabu (17/7) sebagaimana dikutip energibangsa.id dari Replubika co.id.

Menurut Idris, lembaga pendidikan harus menjadi teladan untuk mewujudkan SRA yang diharapkan dapat meminimalisasi berbagai tindak kekerasan terhadap anak. 

“Termasuk bullying yang biasanya sering terjadi di sekolah-sekolah,” ucapnya.

Idris menambahkan, pihaknya juga terus memfasilitasi berbagai sekolah di Kota Depok untuk menjadi SRA.

Salah satunya, dengan memberikan penyuluhan agar SRA dapat terwujud di setiap sekolah.

“Saat ini sudah ada komitmen dari berbagai sekolah untuk membentuk SRA, tetapi di sekolah-sekolah masih banyak yang perlu difasilitasi. Termasuk penyuluhan terkait SRA sehingga benar-benar terwujud,” jelas Idris.

Mohammad Idris, Wali Kota Depok saat menerima penghargaan Kota Layak Anak Kategori Nindya tahun 2017. (dok kilasdepok.com )

Idris pun berharap kedepannya sekolah-sekolah di Depok mampu menghadirkan kegiatan pembelajaran yang nyaman dan aman.

Dengan demikian, anak didik tumbuh dalam perlindungan dan lingkungan sekolah yang menyenangkan.

Sekolah ramah anak merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan setiap anak selama 8 jam di sekolah dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya.

Dengan begitu, sekolah dapat menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk setiap anak dalam menerima pembelajaran.

Selain itu setiap anak juga dapat tumbuh dengan baik dan menyenangkan tanpa ada ancaman atau gangguan yang menyebabkan gangguan pada pertumbuhan mereka.

Related Articles

Back to top button