Ekonomi & BisnisEnergi MudaGaya HidupRagam Bangsa

Dea Valencia, Si Pengusaha Muda dengan Jiwa Sosialnya

ENERGIBANGSA.ID – Indonesia memiliki orang-orang yang sangat hebat, salah satunya adalah pengusaha yang umurnya masih belia tetapi sangat sukses dan perlu dijadikan contoh dan motivasi. Siapakah dia? Berikut yang di ulas oleh energi bangsa.

Dea Valencia Budiarto, kelahiran 14 Februari tahun 1994 merupakan cewek berprestasi yang menyelesaikan kuliahnya dari umur 15 sampai 18 tahun di Universitas Multimedia Nusantara. Dea adalah pengusaha fashion dan penemu Batik Kultur yang terkenal di Semarang.

Dea sangat mencintai produk batik, dengan mengoleksi batik-batik yang kuno. Sejak kecil Dea sudah membantu perekenomian dengan berdagang kain batik lawas milik ibunya.

Berawal dari dia ingin mempunyai baju cantik sehingga terus berinisiatif untuk membuatnya sendiri, belajar dari tetangga dan buku bacaan yang sering dibaca. Dengan memanfaatkan produk sisa kemudian dijamah menjadi produk dengan keunikan.

Kemudian munculah ide untuk menjual Batik Kultur non printing dengan ciri khas corak batik dengan gaya modern. Pembuatan batik kultur sangat teliti dengan menjaga kualitas dari proses sampai menjadi sebuah pakaian. Mengapa menamakannya kultur ? karena Kultur Indonesia adalah batik.

Tak langsung berpuas diri setalah melihat potensi pasaran, Dea mulai menjual Batik Kultur saat dirinya kuliah di semester 3 dan juga memanfaatkan media sosial seperti facebook. Dalam memasarkan produknya, dia menggunakan foto profil dengan menggunakan produk batik, karena berprinsip “ Kalo yang punya aja tidak mau pake kenapa orang lain harus beli”. Pertama hanya sekedar menjual 20 potong tetapi lama kelamaan banyak yang tertarik sehingga mencapai 600 potong.

Namun bisnis tidak akan jauh dari kata gagal atau kesulitan. Dea mendapat tantangan di dalam memilih nama merk pasalnya dulu sebelum memilih nama Batik Kultur, namanya adalah Batik Sintok tetapi sudah ada yang menggunakannya sehingga mengubahnya menjadi Batik Kultur.

Dea Valencia sangat peduli dengan sosial dibuktikannya bahwa yang bekerja dengannya sebagian besar merupakan orang penyandang disabilitas. Karena baginya semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan tanpa memandang kekurangan yang dimiliki.

Ternyata di usia muda tidak menjadikan penghalang untuk menjadi pembisnis yang sukses dan jangan jadikan kegagalan sebagai tanda untuk menyerah. Semoga kisah dari Dea Valencia dapat menginsipirasi sobat energi untuk dapat berinovasi dan berkreatif

Related Articles

Back to top button