fbpx
Kabar Daerah

Daur Ulang Sampah, Mahasiswa KKN Adakan Pelatihan Buat Kerajinan Bersama Anak-anak

KENDAL, energibangsa.id—Mahasiswa KKN UIN Walisongo adakan pelatihan pembuatan kerajinan dari sampah bersama anak-anak di Dusun Glagah, Desa Leban, Kecamatan Boja Kendal (31/10) lalu.

Sampah merupakan salah satu masalah krusial yang harus segera diatasi. Sebab, selain merusak lingkungan sampah juga dapat menganggu kesehatan masyarakat.

“Kesadaran untuk mengelola sampah atau mengurangi penggunaan sampah plastik penting untuk ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Agar dimasa mendatang lingkungan tetap lestari dan tidak menganggu kesehatan masyarakat dan makhluk hidup lainnya,” ungkap Wulan, salah satu mahasiswa KKN.

Karena hal tersebut, mahasiswa KKN UIN Walisongo; Wulan, Anis, Mega, dan Dila adakan pelatihan pembuatan kerajinan dari sampah bersama anak-anak. Selain itu mereka juga memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah.

Daur ulang bungkus Pop Mie

Pembuatan kerajinan ini memanfaatkan sampah dari cup bungkus Pop Mie sebagai bahan utama, sedotan plastik dan kertas sebagai hiasan. Selain itu peralatan lainnya yang dibutuhkan adalah lem, gunting, dan pensil.

Selama kegiatan berlangsung anak-anak yang berjumlah 14 orang ini sangat antusias dan bersemangat. Adapun hasil dari kerajinan yang mereka buat dibawa pulang ke rumah mereka masing-masing.

Setelah kegiatan ini, mahasiswa KKN berharap agar anak-anak menjadi lebih paham tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mau belajar bagaimana cara mengolah atau memanfaatkan sampah.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak menjadi paham tentang pentingnya menjaga lingkungan. Mereka juga mau belajar bagaimana cara mengolah sampah untuk dimanfaatkan menjadi berbagai kerajinan atau produk yang indah dan bernilai. Ini juga sebagai upaya pengurangan penumpukan sampah,” tutup Anis. (*)

Related Articles

Back to top button