fbpx
Teknologi

Datamu Bisa Dijual di Forum Hacker, Ada Data Pengguna Situs Dewasa Juga!

ENERGIBANGSA.ID—Pengguna situs streaming konten dewasa yang populer MyFreeCams tampaknya dapat berisiko terkena serangan online. Sebab database yang berisi pengguna situs tersebut dijual di forum hacker.

Seperti dilansir dari CyberNews, data tersebut diambil dari server perusahaan pada bulan Desember lalu setelah terjadi serangan injeksi SQL.

Basis data itu sendiri berisikan catatan pengguna dari 2 juta anggota MyFreeCams Premium termasuk nama pengguna, alamat email, jumlah token MyFreeCams (Token MFC) dan kata sandi.

Data hasil curian

Penulis pada postingan di forum hacker sekarang menjual data yang dicuri dalam serangan di 10.000 blok catatan pengguna dengan harga USD 1.500 dalam mata uang bitcoin.

Namun, mereka mengklaim bahwa penjahat dunia maya lainnya dapat dengan mudah mendapatkannya. Setidaknya USD 10.000 dari satu kumpulan catatan pengguna dengan menjual akun premium dengan saldo Token MFC di pasar black market.

Berdasarkan sampel yang dilihat oleh CyberNews, peneliti keamanan berita percaya bahwa data yang dicuri berisi nama pengguna, alamat email, kata sandi teks biasa, dan saldo Token MFC.

Catatan pengguna situs streaming dewasa tampaknya diminati di kalangan penjahat dunia maya karena dompet bitcoin penulis posting forum menunjukkan saldo sekitar USD 21.600. Ini berarti setidaknya 14 kumpulan data dari 100.000 pengguna MyFreeCams telah dibeli.

Data ini dapat digunakan untuk memeras pengguna situs, melakukan serangan isian kredensial, meluncurkan serangan phishing yang ditargetkan, dan ke email korban spam.

Untungnya, database tersebut tidak berisi informasi sensitif atau data keuangan seperti nomor kartu kredit atau ID paspor.

Namun, alamat email yang dicuri dan kata sandi teks biasa bisa cukup untuk mengambil alih akun korban lainnya jika mereka menggunakan kredensial yang sama di beberapa layanan online.

Timbul masalah pribadi?

Dilansir detiKINET dari TechRadar, peneliti keamanan informasi senior Mantas Sasnauskas memberikan informasi lebih lanjut tentang implikasi dari pelanggaran data MyFreeCams dalam sebuah pernyataan.

“Ketika kebocoran seperti ini terjadi, bahayanya tidak hanya terletak pada akun dan password yang dibobol atau mata uang virtual yang dicuri”, ungkapnya.

“Pelanggaran seperti ini menimbulkan masalah privasi yang serius: sebagian besar pengguna situs web seperti MyFreeCams pasti lebih memilih untuk tetap anonim, tetapi sekarang alamat email mereka dapat digunakan sebagai anggota situs cam.” jelasnya.

Menurutnya tidak sulit bagi hacker untuk menggunakan informasi dengan tujuan jahat. Misalnya memeras seseorang agar mengeluarkan uang, membocorkan detail penggunanya dari situs web.

Atau, bahkan sekadar mengungkapkan fakta bahwa mereka sering mengunjungi situs web tersebut kepada keluarga, teman, atau masyarakat umum.

“Pengguna MyFreeCams harus segera mengatur ulang kata sandi mereka dan mempertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi untuk menghasilkan kata sandi yang unik, kuat, dan kompleks untuk lebih mengamankan akun online mereka,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button