fbpx
Daerah

Dari Sosialisasi Hingga Promo Brand Ternama, 2 Mall Di Semarang Ini Manfaatkan Sosial Media

SEMARANG, energibangsa.id—Masih dalam masa pandemi Covid-19, tingkat kunjungan di sejumlah mal masih fluktuatif termasuk mal di Kota Semarang.

Ani Suyatni selaku Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Tengah mengatakan, genap 7 bulan berlangsungnya pandemi jumlah pengunjung yang datang ke mal masih naik turun.

Meski belakangan mulai ada peningkatan jumlah pengunjung, APPBI mengimbau agar pengelola mal di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang tetap konsisten menerapkan 3M (memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci tangan).

Ia menambahkan, peningkatan jumlah pengunjung di bulan Juli 2020 sudah mulai naik dari angka 25-40 persen sampai 50 persen. Kemudian, bulan Agustus 2020 di angka 65 persen, September kembali turun di angka 50 persen sampai 60 persen.

Pada Oktober berjalan ini kurang lebih di angka 50 persen dari kunjungan normal sebanyak 35 ribu sampai 40 ribu per hari.

Terapkan protokol kesehatan

DP Mal yang menjadi salah satu mal di Kota Semarang mulai memanfaatkan media sosial untuk sosialisasi pada masyarakat mengenai protokol kesehatan yang diterapkan.

Head of DP Mal Semarang, Antonius Agus Budiawan mengatakan, pada situasi pandemi jumlah kunjungan masyarakat ke mal memang belum bisa normal seperti biasanya. Jika dulu per hari bisa 4.000 sampai 4.800 pengunjung per hari, kini hanya 45 persen-nya

Kendati demikian, penerapan protokol kesehatan tetap berlaku di DP Mal seperti, pengukuran suhu sebelum masuk mal, menyediakan hand sanitizer di semua pintu masuk mal.

Kemudian, menjaga jarak tempat duduk, berkumpul maksimal 5 orang, memberi jarak antrean dan ada tambahan memberikan imbauan sosialisasi masker scuba dan buff.

Selain itu, Mal Ciputra juga memanfaatkan media sosial untuk mendongkrak omzet gerai yang ada. Guna mendongkrak penjualan pada setiap gerai yang ada di mal, pengelola mulai mengandalkan pemasaran melalui media sosial.

Hal tersebut dilakukan untuk menarik konsumen dan mendongkrak omzet dari gerai atau toko di sana manajemen memanfaatkan Instagram menjadi wadah untuk menampilkan promo terbaru.

Public Relation Mal Ciputra Semarang, Aisa R Jusmar mengatakan, melalui program Thank CL It’s Friday (T-CLIF) pihaknya menayangkan produk terbaru dan promo dari berbagai toko berbeda setiap hari Jumat secara virtual dan live. Pada program itu, toko juga memberikan stimulus hadiah berupa voucer belanja atau produk-produknya.

Selain itu, Mal Ciputra juga tetap berupaya menghadirkan tenant-tenant baru. Sejak September lalu hingga November mendatang hadir tujuh brand baru di Mal Ciputra, yaitu Nature Republic (skincare), Xi Ji (Taiwan street snack), Hassya (fashion dan hijab) dan K-Style (sport fashion).

Lainnya adalah brand sepatu, Kickers, Keds dan Timberland. Adapun, para penyewa baru ini memberikan diskon menarik selama masa opening-nya diantaranya, diskon 50 persen hingga 70 persen. (dhanti/EB)

Related Articles

Back to top button