Gaya HidupKesehatanRagam Bangsa

Dari Minimalist Menuju Manfaat Tak Pernah Habis

ENERGIBANGSA.ID – Sobat Energi, apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar kata minimalis? Apa berhubungan dengan ruangan, rumah, ukuran, bentuk atau semacamnya?.

Jika iya jawaban tersebut tidaklah salah. Memang sebetulnya minimalis lebih sering kita kenal sebagai konsep estetika menata ruangan.

Namun saat ini konsep minimalis tidak hanya terpaku pada ruangan, rumah, ukuran, bentuk atau semacamnya. Dengan perkembangan zaman yang cepat, konsep minimalis pun kini juga bisa diaplikasikan dengan Gaya hidup seseorang, loh sobat energi.

Lalu seperti apa gaya hidup minimalis itu?

Jadi gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup yang memfokuskan pada keterlepasan akan material. Maksudnya seseorang hanya memerlukan apa yang diperlukan saja tanpa harus memiliki sesuatu yang tidak di perlukan.

Gaya hidup yang satu ini mengajak kamu untuk mengurangi segala yang berlebihan dalam hidup, dengan menyaring sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan dan segera disingkirkan atau diganti dengan sesuatu yang lebih berguna.

Gaya hidup minimalis banyak dipelopori oleh masyarakat Jepang dengan berlandaskan quotation “Less Is More”.

Pandangan mengenai “Hidup berlimpah (secara material) adalah tujuan hidup” tidak berlaku bagi orang-orang minimalis.

Berkat popularitas Marie Kondo dan metode KonMari, gaya hidup ini telah menjadi topik pembicaraan sangat populer.

Bahkan sekarang ini, gaya hidup minimalis mulai berkembang dan digandruing oleh banyak orang termasuk masyarakat di Indonesia.

Sebelum diadopsi di Indonesia, gaya hidup minimalis sudah lebih dulu berkembang di Jepang dan Amerika Serikat.

Terlebih lagu, menurut laporan National Geographic pada Juni 2015, penganut gaya hidup minimalis di Jepang terus bertambah.

Menerapkan gaya hidup ini memang bisa dikatakan tidaklah mudah sebagaimana membalikkan telapak tangan.

Meskipun demikian, patut di ketahui, Gaya Hidup Minimalis memberikan banyak manfaat saat menerapkannya. Sobat energi dapat merasakan berbagai macam manfaat yang diberikan dari Gaya hidup ini.

Lantas apa sih manfaat dari gaya hidup minimalis?

Bagi sobat energi yang penasaran dan ingin tahu, tim energibangsa.id mencoba merangkumnya dari beberapa sumber. Mungkin dari ulasan ini sobat energi akan tertarik untuk menerapkan konsep ini.

 Dan berikut adalah manfaat dari Gaya Hidup Minimalis :

1. Memiliki Keseimbangan Hidup

Para pelaku gaya hidup minimalis tidak mendefinisikan kekayaan mereka dari jumlah uang atau aset yang mereka miliki. Melainkan seberapa banyak pengalaman yang telah mereka lalui.

Dibandingkan membeli barang atau mengonsumsi sesuatu yang mahal, mereka lebih memilih untuk menikmati pengalaman baru agar dapat memiliki kesimbangan hidup.

Misalnya menginvestasikan uang untuk traveling ke suatu tempat agar mendapatkan pelajaran baru dalam hidup.

2. Lebih Fokus Pada Target Hidup

Kebiasaan hidup sederhana dan tidak berlebihan membuat para pelaku gaya hidup minimalis membuat mereka lebih mudah bersyukur, memiliki komitmen, dan konsisten dengan gaya yang disukainya.

Gaya hidup ini juga membuat para pelakunya tidak gampang mengikuti tren kekinian. Mereka bisa memegang kendali terhadap dirinya sendiri.

Pengendalian diri ini memberikan banyak keuntungan di dalam kehidupan mereka, mulai dari karir, produktivitas, hingga finansial. Dengan begitu mereka akan lebih mudah untuk mencapai target hidupnya.

3. Terbebas dari Rasa Takut dan Stres

Memiliki semakin banyak barang — apalagi barang peninggalan yang memiliki kenangan — semakin kamu takut akan kehilangan. Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, kamu akan lebih bebas dan bahagia.

Menerapkan gaya hidup ini juga secara tidak langsung membuat kamu terhindar dari perilaku konsumtif yang tak jarang memberikan tekanan (stres) karena merugikan. Kamu pun akan lebih mudah untuk menentukan kebutuhan yang menjadi prioritas.

4. Bisa Menghemat Uang

Sebagaimana konsep dari Gaya Hidup Minimalis sendiri, pelaku gaya hidup ini akan memfokuskan pada keterlepasan akan material dan hanya memerlukan apa yang diperlukan saja tanpa harus memiliki sesuatu yang tidak di perlukan.

Maksudnya mereka akan memanfaatkan penggunaan uang untuk hal-hal yang esensial saja sehingga bisa menunjang impianmu untuk bebas secara finansial.

Dengan begitu mereka tidak akan menghabiskan uang dengan membeli barang-barang yang tidak mereka butuhkan. Kehidupan mereka yang awalnya boros bisa berubah menjadi hemat. Sebab mereka menggunakan uang hanya untuk membeli barang yang mereka inginkan saja.

5. Sadar akan Pentingnya Menjaga Kesehatan

Seseorang yang sudah mampu memegang kendali terhadap dirinya sendirinya juga akan berdampak pada kesehatannya. Ia akan menjadi lebih aware terhadap kesehatan diri.

Para pelaku gaya hidup minimalis akan lebih peduli dengan apa yang dimakan, mengutamakan belanja makanan sehat dibandingkan keinginan lain yang tidak lebih penting, serta mampu meminimalisir penggunaan bahan kimia dan lebih banyak menggunakan bahan alami.

Demikianlah sobat energi ulasan tentang Gaya Hidup Minimalis. Ternyata banyak juga ya manfaatnya.

Nah untuk sobat energi gimana pendapatnya? Mungkin sudah ada yang merasa tertarik mencobanya?. Jika iya silakan mencoba dan rasakan manfaatnya.

Kalo energibangsa.id sih tertarik dan akan mencoba menerapkannya. Lumayan bisa hemat hehe..

Related Articles

Back to top button