Gaya Hidup

Dapat Meredakan Kecemasan, Ini Kebaikan Lain Essential Oil

ENERGIBANGSA.ID – Dalam dunia kecantikan, salah satu produk perawatan kulit wajah dengan fungsi melembabkan alami adalah Essential Oil.

Nyatanya, banyak yang belum paham dengan penggunaan minyak dari ekstrak tanaman dengan konsentrasi tinggi ini.

Dihimpun dari Byrdie, seorang aromatherapis dan pengajar, Charlynn Avery mengatakan, essential oil biasanya digunakan aromaterapi, perawatan untuk kulit bermasalah, dan meredakan inflamasi.

Ia juga menambahkan, essential oil bisa juga dicampurkan bersama prooduk pembersih rumah untuk sensasi relaksasi.

Fungsi lain yang dapat dirasakan dari penggunaan essential oil, yakni :

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Merasa sulit tidur ? Kamu bisa mencoba menghirup essential oil beraroma lavender, chamomile, atau mawar.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan kalau aroma tertentu dapat membuat seseorang terlelap dalam tidur, bahkan dalam kondisi stres tinggi.

Salah satunya menyebutkan kalau aroma lavender dapat meningkatkan gelombang sulit tidur, khususnya pada wanita.

2. Meredakan Stress dan Kecemasan

Saat diambang stres dan cemas yang melanda, kamu dapatmenghirup beberapa aroma essential oil yang lembut, seperti mawar, sandalwood, lavender, dan jeruk.

Bila merasa tegang, coba pijat bagian sisi kepala dengan minyak di samping menghirup aromaterapi.

3. Meningkatkan Mood

Hasil penelitian menyebutkan, jika mencium aroma rosemary dapat meningkatkan daya ingat hingga 75%, sedangkan peppermint dapat mengembalikan daya fokus kita.

Salah satu penelitian juga mengungkapkan kalau peppermint, basil, dan helichrysum dapat memulihkan kelelahan dan kepenatan.

4. Mengembalikan Energi

Secangkir kopi untuk mengembalikan energi tubuh dapat digantikan dengan  menghirup essential oil beraroma citrus atau peppermint, loh. 

Citrus diyakini dapat meningkatkan mood dan energi, meredakan ketegangan yang dipicu kecemasan, dan stres. Sedangkan peppermint dapat menaikkan performa olahraga.

5. Merawat Inflamasi dan Rasa Sakit pada Tubuh

Ada banyak jenis essential oil untuk perawatan kulit tubuh dan wajah.

Mulai dari tea tree oil untuk menghilangkan jerawat dan iritasi, peppermint atau chamomile untuk meredakan inflamasi otot, serta eucalyptus atau lemon untuk menyembuhkan sakit tenggorok.

Takaran yang digunakan adalah enam tetes. Dengan manfaat luar biasa dan keragaman jenisnya ini, mulai sekarang kita bisa menggunakan essential oil sesuai kebutuhan.

Related Articles

Back to top button