Kabar IndonesiaPendidikan

Dana BOS Bisa Dipakai Buat Apa Saja? Cek di Sini

ENERGIBANGSA.ID – Penggunaan Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) banyak menjadi pertanyaan beberapa pengelola sekolah. Dana BOS bisa dipakai untuk apa saja ya?

Penggunaan dana BOS telah disampaikan langsung oleh Mendikbud, Menkeu, dan Mendagri yang telah diulas oleh Kompas.com pada konferensi bersama “Sinergi Pengelolaan Dana BOS dan Dana Desa Berbasis Kinerja” pada Senin (10/2/2020) di Gedung Kemenkeu, Jakarta.

Dalam penggunaan dana BOS Reguler, pembiayaan administrasi kegiatan sekolah harus digunakan untuk pembiayaan operasional rutin sekolah.

Berikut adalah 14 pembiayaan yang diperbolehkan menggunakan dana BOS, antara lain:

1. Pembelian Alat dan atau Bahan Habis Pakai

Dana BOS bisa digunakan untuk membeli kebutuhan alat yang digunakan untuk dalam mendukung kegiatan sekolah, seperti kegiatan pembelajaran, akreditasi, internet, administrasi layanan umum, tata usaha, dan perkantoran. Misalnya seperti alat tulis, kertas, sapu, komputer, dan lain sebagainya.

2. Pembiayaan Website Sekolah

Dana BOS juga boleh digunakan untuk membuat wesbite, membangun, mengembangkan, dan atau memelihara website sekolah dengan domain sch.id.

3. Pembiayaan Kegiatan Pengembangan Sekolah

Dana BOS boleh digunakan untuk pembiayaan kegiatan sekolah: misalnya pengembangan membentuk kegiatan atau program sekolah sehat, sekolah aman, sekolah ramah anak, sekolah inklusi, sekolah adiwiyata, dan jurnalistik, dan kegiatan pengembangan lainnya.

4. Pembelian Alat Kesehatan dan Keselamatan sekolah

Dana BOS boleh digunakan untuk membeli alat kesehatan dan keselamatan sekolah ini meliputi: tandu, stetoskop, tabung oksigen, tabung pemadam kebakaran, alat kesehatan, dan keselamatan sejenisnya

5. Pembiayaan Penyelenggaraan Rapat Tim BOS Sekolah

Nah, rapat-rapat juga bisa pakai dana BOS lho, tapi tidak termasuk komponen honor ya, sobat energi.

5. Biaya Perjalanan Pengambilan Dana BOS

Biaya perjalanan ini dalam rangka pengambilan dana untuk keperluan sekolah di bank atau kantor pos.

6. Biaya Perjalanan Koordinasi dan Laporan Program Dana BOS

Dana BOS juga bisa digunakan untuk biaya perjalanan untuk koordinasi dan pelaporan program dana BOS Reguler kepada dinas yang menangani urusan pendidikan provinsi/kabupaten/kota.

7. Penggandaan Laporan dan atau Pembiayaan Korespondensi

Soal pembuatan laporan dan atau surat-menyurat? bisa kok pakai dana BOS.

9. Biaya Penyelenggaraan Kegiatan Keamanan dan Kebersihan Sekolah

Dana BOS boleh digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan untuk mendukung keamanan dan kebersihan sekolah. Misalnya untuk pembiayaan gaji security, atau membeli CCTV, pembiayaan gaji petugas kebersihan, dan sejenisnya.

10. Pembiayaan Pengelolaan Sekolah Melalui Aplikasi Kementrian

Dana BOS boleh digunakan mengelola aplikasi yang sudah disiapkan oleh Kementerian antara lain: perencanaan, pembukuan, dan penyusunan laporan melalui aplikasi RKAS penyampaian laporan hasil belajar melalui aplikasi e-rapor pendataan melalui aplikasi Dapodik.

Jadi misalnya, biaya untuk membayar orang untuk mengoperasionalkan aplikasi tersebut.

11. Biaya Listrik untuk Daerah Terpencil

Pembiayaan bagi sekolah yang berada di daerah terpencil dan belum ada jaringan listrik, mislanya: untuk menyewa atau membeli genset, atau panel surya termasuk peralatan pendukungnya sesuai dengan kebutuhan di daerah tersebut termasuk biaya perawatan dan/atau perbaikan

12. Pembiayaan Penanggulanan Dampak Bencana

Dana BOS juga bisa digunakan untuk sekolah yang berada di daerah yang mengalami bencana alam berdasarkan pernyataan resmi dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah, dana BOS Reguler dapat digunakan untuk membiayai penanggulangan dampak darurat bencana selama masa tanggap darurat.

13. Penyediaan Konsumsi

Dana BOS juga bisa digunakan untuk penyediaan konsumsi, misalnya untuk makan siang dalam kegiatan sekolah.

14. Pembiayaan lain yang Relevan dalam Rangka Menunjang Operasional Administrasi Kegiatan Sekolah

Dana BOS juga boleh digunakan untuk pembiayaan kegiatan atau pembuatan aplikasi software, atau hal apapun yang bisa menunjang operasional administrasi kegiatan sekolah.

Sebagaimana ucapan Mas Menteri Nadiem Makarim, bahwa “Penggunaan BOS sekarang lebih fleksibel untuk kebutuhan sekolah,” maka pihak sekolah memang harus kreatif dalam pengembangan kegiatan untuk menunjang sekolah. Dana sudah ada, aturan juga lebih fleksibel, tinggal sekolah mau bergerak atau tidak? (*)

Related Articles

Back to top button