KesehatanRagam Bangsa

Ciptakan Alat Tes Diabetes Tanpa Sampel Darah, Celestine Wenardy Menangkan Ajang Google Science Fair 2019

CIPTAKAN ALAT TES DIABETES TANPA SAMPEL DARAH, CELESTINE WENARDY MENANGKAN AJANG GOOGLE SCIENCE FAIR 2019

ENERGIBANGSA.ID – Prestasi dan kreativitas anak bangsa memang tak ada habisnya. Anak muda negeri ini kembali menorehkan prestasi di kancah internasional.

Beberapa bulan yang lalu, Celestine Wenardy yang merupakan siswa kelas dua SMA British International School Jakarta sempat mengikuti ajang bergengsi yaitu Google Science Fair 2019 di Amerika Serikat. Kecintaannya melakukan riset dan eksperimen membuat gadis 16 tahun ini selalu ingin mencoba membuat hal-hal baru.

Hal inilah yang membuat Celestine tertarik dan telah berhasil menciptakan sebuah trobosan terbaru dalam dunia kesehatan. Jika pada umumnya untuk mengecek kadar gula darah diperlukan sempel darah untuk mengetahui hasilnya lain halnya dengan alat yang diciptakan oleh Celestine. Celestine berhasil mengembangkan alat glukometer non-invasif yang mana dapat digunakan untuk memantau kadar gula darah secara rutin tanpa perlu mengambil sempel darah.

Berkat penemuannya tersebut, dirinya berhasil masuk ke dalam Top 20 dalam ajang Google Science Fair 2019 dan memenangkan perhargaan virgin galactic. Tak tanggung-tanggung Celestine menerima hadiah berupa beasiswa studi sarjana senilai 15.000 US Dollar atau setara dengan 213 juta rupiah. Ia juga berkesempatan untuk mengunjungi dan bertemu dengan engineer di perusahaan penerbangan antariksa Virgin Galactic.

Tak hanya bisa memantau kadar gula darah tanpa mengambil sempel darah kelebihan lain dari alat glucometer non-invasif ciptaan Celestine adalah harganya. Ternyata alat tersebut memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan glukometer invasif di pasaran sekitar 900 ribu rupiah.

Selama prose mengembangkan alat glukomener non-invasif miliknya tersebut Celestine menemui banyak tantang. Bahkan saat ditemui oleh Tim VOA Indonesia, Celestine menjelaskan bahwa ia pernah mengalami kegagalan sebelum akhirnya mengirim alat glucometer non-invasifnya tersebut untuk diikutkan dalam lomba.

Nah, bagi Sobat Energi yang mempunyai hobi atau kecintaan terhadap sesuatu coba mulai sekarang ditekuni dengan sungguh-sungguh. Boleh jadi selanjutnya Sobat Energi yang akan membuat alat-alat dengan trobosan terbaru. So, be creative and keep learning Sobat Energi.

Related Articles

Back to top button