Ekonomi & BisnisInspirasi Bangsa

Cerdas Melihat Peluang, Rustono Populerkan Tempe di Jepang

ENERGIBANGSA.ID – Masyarakat Indonesia kini patut berbangga diri karena makanan tempe sudah menjadi makanan yang mendunia.

Di Indonesia, makanan fermentasi dari kacang kedelai ini dianggap sebagai makanan yang paling murah. Namun, di luar negeri tempe menjadi makanan primadona yang sangat berharga berkat seorang pengrajin tempe asal Grobogan.

Ia adalah Rustono, aktor yang memopulerkan tempe di negeri sakura. Pada tahun 1997, ia menikah dengan wanita yang berasal dari negara Jepang.

Setelah menikah Rustono mengikuti istrinya untuk tinggal di Jepang. Meski tinggal di negeri yang terkenal akan cita rasa kelezatan sushi itu, Rustono tidak begitu saja melupakan makanan Indonesia. Khususnya tempe.

Rustono mempunyai ambisi yang amatlah besar, yaitu “men-tempe-kan dunia” melalui Rusto’s Tempeh.

Ide tersebut awalnya datang saat ia mengerti banyaknya olahan kedelai di Jepang menjadi tahu. Akan tetapi belum ada olahan dari kedelai yang menjadi makanan tempe.

Sebelum memulai bisnisnya, Rustono lebih dahulu berguru dengan 60 pengrajin tempe yang berada di Semarang dan Yogyakarta selama 3 bulan.

Dalam perjalanannya merintis Rusto’s Tempeh tidaklah mudah, karena pada awalnya beliau mengalami banyak penolakan dari masyarakat dan restoran yang ada di Jepang.

Namun berkat sifat pantang meyerah yang ia miliki, Rustono sukses membuat Rusto’s Tempeh dan kini menjadi makanan favorit masyarakat yang ada di Jepang.

Akhirnya pada tahun 2000 Rustono resmi membangun pabrik tempe yang pertama di Otsu, Shiga yang jaraknya kurang lebih 1 jam dari Kyoto. Shiga merupakan salah satu desa di Jepang yang cantik dan untuk pemandangan alamnya masih sangatlah terjaga.

Pabrik Tempe yang di bangun oleh Rustono ini mempunyai luas 1000 meter persegi dan setiap hari pabrik tempe Rustono ini dapat memproduksi 3000 tempe.

Pada proses produksi tempe, Rusto’s Tempeh memadukan air pegunungan yang ada di Kyoto dengan kedelai Jepang. Sementara untuk ragi yang digunakan berasal dari Indonesia. Ragi ini memiliki aroma dan ciri khas yang tidak ada di Negara Jepang.

Tidak hanya membangun pabrik tempe saja, Rustono juga menghadirkan teknologi untuk menjaga kelembapan udara dalam pertumbuhan jamur tempe. Hal ini tidaklah mudah karena Jepang mempunyai 4 musim.

Kini Rustono telah menjadi pengusaha sukses dengan adanya Rusto’s Tempeh dengan memperluas usahanya di beberapa negara seperti Hungaria, Perancis, Polandia dan negara lain.

Apakah Sobat Energi juga gemar makan tempe? Nggak usah malu makan tempe, selain rasanya enak, tempe juga kaya akan protein lho.

  • Artikel ditulis oleh Anggi Novitasari, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro.

Related Articles

Back to top button