Kabar IndonesiaNasional

Cek Fakta, Kabar Meninggalnya BJ Habibie Dipastikan Hoaks

ENERGIBANGSA.ID – Presiden ke-3 RI Baharuddin Jusuf Habibie atau yang kerap disapa BJ Habibie dikabarkan meninggal dunia.

Jagat maya kembali dihebohkan dengan berita wafatnya salah satu putra bangsa yakni BJ Habibie. Berita ini pertama kali tersiar melalui akun Facebook yang bernama Yanto Purba.

Seiring dengan kabar tersebut, BJ Habibie memang sedang dirawat intensif di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Soebroto, Jakarta sejak 2 September 2019.

Predisen RI Joko Widodo didampingi Menteri Sekertaris Negara Pratikno diketahui juga sempat menjenguk suami dari Almarhumah Ainun itu pada Senin (9/9/2019).

Sehubungan dengan kabar yang beredar, Tim Energi Bangsa telah melakukan cek fakta dan bisa dipastikan bahwa berita meninggalnya BJ Habibie adalah BERITA HOAKS.

“Dengan hormat bersama ini kami konfirmasikan bahwa Bapak BJ Habibie saat ini sedang menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di RSPAD Gatot Soebroto,” kata Rubijanto dalam keterangan tertulis, Minggu 8 September 2019.

Akun Facebook yang semula mengunggah berita tersebut lantas memberikan klarifikasi bahwa itu berita hoaks. Akun Yanto Purba pun telah menghapus postingannya dan meminta maaf atas keteledoran yang diperbuat.

“Semoga bapak sehat walafiat. Dan kepada keluarga besar pak Prof DR BJ Habibie saya sampaikan permohonan maaf, karena tidak bermaksud menyebarkan berita hoax. Tulis yanto di akun Facebooknya.

Yanto mengaku merasa simpati karena BJ Habibie adalah idolanya. Yanto pun berinisiatif mengucapkan duka cita mendalam melalui postingannya. Namun, ternyata berita yang Yanto terima dari akun Facebook Foxrot Sierra itu hoaks.

Belajar dari kasus ini semoga kita menjadi lebih bijak terhadap berita yang kita terima. Jangan ditelan menah-mentah ya Sobat Energi setiap informasi yang masuk. Pastikan dulu kebenaran dari berita tersebut jika berniat membagikan kepada banyak orang.

Related Articles

Back to top button